Ketahui 13 Jenis Perlengkapan Olahraga Softball

Ketahui 13 Jenis Perlengkapan Olahraga Softball

Smallest Font
Largest Font

Sama seperti jenis olahraga lainnya, olahraga softball juga membutuhkan perlengkapan tertentu untuk menunjang permainan. Lantas, apa saja perlengkapan olahraga softball? Tentunya sebelum melakukan permainan tersebut, para pemain harus sudah mempersiapkannya terlebih dahulu.

Perlengkapan softball sendiri cukup beragam sehingga diperlukan informasi yang tepat untuk mempersiapkannya dari awal. Seperti yang diketahui, permainan softball identik dengan aktivitas berlari, melempar serta memukul bola. Oleh karena itu, perlengkapan yang dibutuhkan harus sesuai.

Jenis Perlengkapan Olahraga Softball

Softball merupakan jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing berjumlah 9 pemain. Adapun tugas pemain softball adalah memukul bola dan berlari ke arah base agar bisa mendapatkan poin. Permainan ini memiliki beberapa aturan, termasuk dalam hal perlengkapan.

Secara umum, jenis perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan softball terdiri dari bola, sarung tangan, helm, alat pemukul, dan lain sebagainya. Untuk mengenal apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga softball, berikut ini penjelasannya.

1. Bola Softball

Perlengkapan pertama adalah bola softball yang terbuat dari kulit sintetis. Ukurannya sendiri lebih besar daripada bola baseball. Yaitu keliling bola 27,9 cm – 30,5 cm serta berat 178,9 gram – 198,4 gram. Bola ini berwarna putih atau kuning dengan jahitan di setiap sisinya.

2. Glove (Sarung Tangan)

Alat perlengkapan dalam permainan softball selanjutnya adalah glove atau sarung tangan. Biasanya dipakai seluruh pemain pertahanan agar lebih mudah menangkap bola dan memberikan perlindungan agar tangan tetap aman saat menangkap bola yang dipukul keras.

Biasanya glove terbuat dari kulit dengan berat sekitar 283 gram dan memiliki ukuran 38 cm x 38 cm. Pada beberapa bagian glove juga dilengkapi anyaman agar bisa memberikan perlindungan lebih bagi pemain.

Glove sendiri terbagi menjadi 3, yaitu finger gloves untuk seluruh pemain softball, catcher gloves untuk pemain penjaga di area base-1 serta first base mills untuk pemain yang berada di posisi catcher.

3. Bat (Pemukul)

Alat perlengkapan permainan softball berikutnya berupa tongkat pemukul atau dikenal dengan istilah bat. Ukuran dari bat ini memiliki panjang sekitar 86,4 cm dan berdiameter 2,25 inci dengan safety grip berbahan karet ukuran 15 inci.

Biasanya terbuat dari material kayu, fiberglass, plastik atau aluminium. Fungsinya untuk memukul bola yang dilempar pitcher. Alat pemukul ini memiliki bentuk memanjang seperti pemukul baseball dengan ujung yang membesar dan mengecil di bagian pegangan.

4. Aksesoris Bat

Aksesoris bat bisa didapatkan di toko peralatan olahraga. Meskipun tidak wajib ada, namun jenis perlengkapan ini tetap diperlukan. Letak aksesoris ini biasanya pada bagian grip dan bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada pemain.

5. Light Guard (Helm)

Perlengkapan olahraga softball lainnya yang tidak kalah penting adalah light guard atau helm. Jenis perlengkapan ini hanya dipakai oleh catcher serta batting saja sehingga sering dikenal dengan istilah catcher helmet dan batting helmet.

Pada catcher helmet biasanya sudah dilengkapi pelindung wajah dan harus dikenakan saat catcher di lapangan. Sedangkan batting helmet dipakai pemain ketika memukul bola.

6. Topi

Jenis perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam permainan softball adalah topi. Sama seperti perlengkapan lainnya, topi bisa didapatkan di toko perlengkapan olahraga. Jenis perlengkapan ini akan membantu meningkatkan fokus pemain dan melindungi kepala.

7. Masker

Salah satu perlengkapan pemain softball yang tidak boleh dilewatkan adalah masker. Masker yang digunakan dalam permainan softball berfungsi untuk melindungi wajah dari risiko cedera. Seperti yang diketahui, lemparan bola saat pertandingan bisa saja mengenai wajah pemain.

8. Body Protector (Pelindung Badan)

Perlengkapan olahraga softball yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting dan biasanya dipakai oleh seorang catcher. Catcher sendiri bertugas menangkap bola yang tidak berhasil dipukul lawan.

Posisi pemain catcher yang sangat riskan tentu cukup berbahaya karena bisa menjadi sasaran bola liar. Itulah kenapa dibutuhkan body protector untuk memberikan perlindungan yang maksimal. Selain dipakai catcher, jenis perlengkapan ini juga dipakai wasit atau umpire.

9. Cleats (Sepatu Pool)

Jenis perlengkapan permainan softball yang harus dipakai oleh para pemain adalah cleats atau sepatu pool. Ada standar tersendiri yang harus dipenuhi dalam permainan softball. Diantaranya adalah terbuat dari kulit, kanvas atau yang sejenis.

Selain itu dilengkapi sol yang dipahat atau rata dari bahan rubber. Sedangkan pada bagian sol logam dan plat yang ada di tumit tidak boleh melebihi panjang 2 cm atau ¼ inci. Sepatu yang sekelilingnya dilengkapi metal spike tidak boleh digunakan karena bisa membahayakan.

10. Leg Protector (Pelindung Kaki)

Perlengkapan olahraga softball berikutnya adalah leg protector yang fungsi utamanya adalah melindungi bagian kaki. Jenis perlengkapan ini sangat penting karena akan melindungi pemain dari risiko cedera kaki, terlebih dalam permainannya membutuhkan aktivitas lari secara cepat.

11. Seragam

Selain leg protector, yang termasuk dalam perlengkapan permainan softball adalah seragam. Seragam menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap pemain softball yang tergabung dalam sebuah tim. Dalam hal ini seragam harus memiliki warna dasar yang sama.

Pada pemain softball, seragam yang digunakan biasanya berupa kaos dan celana panjang dengan kelengkapan nomor di bagian punggung dan dada. Sedangkan pada wasit seragamnya identik dengan warna biru tua pada celana dan biru laut pada bajunya.

12. Home Plate

Perlengkapan olahraga yang dibutuhkan dalam permainan softball salah satunya adalah home plate. Home plate yang ada di dalam olahraga softball juga dikenal dengan istilah base ke-4. Hal ini dikarenakan setelah pemain melalui base ke-3 harus menginjak base ke-4 untuk poin.

Sebagai informasi, home plate memiliki ukuran 45 x 22 x 31,8 cm. Bentuknya pipih seperti format segi lima dan tentunya sangat berbeda dengan beberapa bentuk lainnya di base ke-1, 2 dan 3 yang berbentuk segi empat.

13. Lapangan Softball

Perlengkapan pertandingan softballl yang harus dipersiapkan sebelum memulai permainan adalah lapangan softball. Lapangan untuk permainan softball sendiri cukup luas mengingat jumlah pemainnya yang tidak sedikit.

Bentuk lapangan softball adalah bujur sangkar dan terdiri dari dua area di dalamnya, yaitu daerah fair atau fair territory yang masih terbagi menjadi dua (infield/dalam dan outfield/luar) serta daerah foul atau foul territory. Adapun ukuran lapangan softball seperti berikut ini:

  • Panjang sisi lapangan softball masing-masing 16,76 meter.
  • Jarak home base ke base 13,07 meter.
  • Area untuk pitcher berdiri seluas 60 cm x 15 cm terbuat dari material kanvas.
  • Base ke-1, 2, dan 3 terbuat dari karpet dengan ketebalan 12,5 cm dan ukuran 38 cm x 38 cm.
  • Base ke-4 atau home plate berbentuk pipih dan berbahan karet, biasanya memiliki sisi puncak dengan ukuran 30 cm dan ukuran luasnya 43 cm x 21,5 cm.

Demikian sudah penjelasan mengenai 13 jenis perlengkapan olahraga softball. Semoga bermanfaat.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow