Wiki

Wiki

Portal Islam

Mar 4, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Cara Alami

Rambut rontok terkadang menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Selain mengganggu penampilan, masalah rambut rontok juga ternyata bisa mencerminkan masalah kesehatan serius lainnya yang ada pada tubuh. Untuk itu, kamu harus paham cara mengatasi rambut rontok sebelum kondisi tersebut memperburuk penampilan.

Masalah kesehatan rambut berkaitan erat dengan kulit kepala. Saat rambut mengalami kerontokan parah, kulit kepala akan terlihat dan rambut pun semakin tipis. Hal ini tentunya akan mengganggu penampilan, terlebih rambut merupakan mahkota.

Jika takut untuk mencoba mengatasi rambut rontok dengan obat, kamu bisa mencoba cara mengatasi rambut rontok secara alami yang tentunya lebih aman dan tidak bikin kantong kering. Selain itu, menggunakan produk-produk alami sebagai perawatan rambut rontok juga tidak memberikan efek samping yang dapat merusak kulit kepala, terlebih jika kulit kepalamu sensitif.

Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi rambut rontok secara alami, baiknya diketahui dulu apa saja penyebab rambut mengalami kerontokan dalam penjelasan berikut.

Penyebab Rambut Rontok Parah

Umumnya, jika hanya kehilangan 60 sampai 100 helai rambut setiap hari masih terbilang normal. Namun pada beberapa kasus ada orang-orang yang mengalami kerontokan parah setiap harinya saat menyisir rambut. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran, karena kerontokan rambut berlebih bisa menimbulkan kebotakan dini.

Selain itu, masalah kerontokan rambut yang parah ini bisa membuat pertumbuhan akar rambut yang baru jadi terhambat baik untuk sementara maupun selamanya.

Secara umum, beberapa penyebab rambut mengalami kerontokan parah di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Stres fisik yang dialami, seperti saat mengalami masalah dan beban kerja yang tinggi, atau juga sesaat setelah melahirkan di mana ibu yang baru melahirkan bisa mengalami stres pasca persalinan atau biasa disebut baby blues.
  2. Stres secara emosional, misalnya saat mengalami masalah keluarga, menderita kecemasan, kebingungan, dan sebagainya.
  3. Kurang gizi, penderita gangguan makan biasanya akan kekurangan zat besi dan protein, sehingga mudah mengalami kerontokan rambut.
  4. Perubahan hormon, misalnya wanita hamil, pasca melahirkan atau yang sedang menyusui juga biasanya mengalami kerontokan rambut.
  5. Efek samping obat-obatan, seperti penggunaan pil KB, antidepresan, obat hormonal, dan vitamin A dalam dosis tinggi.
  6. Menderita penyakit tertentu, seperti sifilis, kelenjar tiroid, infeksi jamur di kulit kepala, hingga autoimun.
  7. Mengalami anemia, demam tinggi, atau baru pulih dari suatu penyakit.
  8. Efek samping pengobatan tertentu seperti kemoterapi dan terapi lainnya yang melibatkan sinar radiasi.
  9. Terlalu sering menggunakan produk perawatan rambut dengan bahan keras, seperti sering mewarnai rambut atau hairdryer.

Beberapa faktor di atas bisa menjadi penyebab rambut mengalami kerontokan parah. Lantas bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1. Pemakaian lidah buaya

Perawatan rambut dengan pemakaian gel lidah buaya juga bisa jadi solusi mengatasi kerontokan secara alami. Lidah buaya memiliki kandungan protein, zat besi, vitamin A, dan vitamin D yang dapat menutrisi kulit kepala dan meningkatkan kesuburan rambut.

Perawatan menggunakan gel lidah buaya ini cukup mudah, kamu hanya tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini satu kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung kalsium, zat besi, serta vitamin E, A, D, C, dan K yang bisa mengurangi kerontokan pada rambut. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun ke bagian kulit kepala dan helaian rambut, kemudian pijat halus dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Yogurt

Jadi salah satu minuman lezat yang menyehatkan, yogurt juga ternyata bisa mengatasi kerontokan rambut parah, lho. Yogurt diketahui kaya akan kalsium, kalium, vitamin D dan protein yang juga bisa menutrisi akar rambut.

Cara menggunakannya pun sama dengan minyak zaitun dan lidah buaya, kamu hanya tinggal mengoleskan yogurt ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air.

4. Teh hijau

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga bisa membantu mengatasi kerontokan pada rambut. Teh hijau mengandung epigallocathecin 3 gallate (EGCG) yang dapat merevitalisasi folikel rambut, sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut baru. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau juga dapat membantu melancarkan peredaran darah menuju kulit kepala dan rambut, sehingga mempercepat tumbuhnya rambut baru.

Cara menggunakannya yakni dengan membasahi seluruh permukaan kulit kepala dan rambut dengan dua kantong teh hijau yang diseduh dalam segelas air. Kemudian tutup rambut dengan handuk dan diamkan sekitar 15 sampai 20 menit untuk kemudian dicuci bersih.

5. Jangan terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas ternyata bisa membuat rambut rontok karena rambut yang terlalu sering terkena sampo akan menjadi mudah patah, kering, dan tipis. Apalagi jika setelah keramas, kamu juga terlalu sering mengeringkan rambut menggunakan hairdryer, hal itu akan menambah kerontokan rambut yang berakibat pada kebijakan.

Usahakan keramas 3 sampai 4 kali dalam seminggu, dan jangan terlalu kasar dalam mencuci dan membersihkan rambut saat menggunakan sampo.

6. Menerapkan pola hidup sehat

Seperti yang diketahui, penyebab rambut rontok juga bisa karena stres dan kekurangan gizi. Menerapkan pola hidup sehat otomatis akan menjaga kesehatan tubuh, termasuk rambut. Dengan memenuhi semua kebutuhan tubuh baik dari segi gizi dan keseimbangan emosional, maka masalah kerontokan rambut pun tidak akan terjadi.

Itulah cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya cara-cara di atas harus diterapkan dengan rutin.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here