Wiki

Wiki

Portal Islam

Apr 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Unsur Unsur Proposal disertai Tujuan, Bentuk, dan Manfaat Proposal

Lazimnya, sebelum membuat acara Kami akan menyusun proposal terlebih dahulu. Pengertian proposal bisa dimaknai sebagai rencana kegiatan yang dibuat secara tertulis.

Dalam proposal biasanya terdapat rincian kegiatan hingga rencana anggaran. Namun, apa sebenarnya proposal itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Proposal

Pengertian proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan. Secara umum proposal diartikan sebagai rencana kerja yang dibuat secara sistematis dan rinci untuk sebuah kegiatan yang sifatnya formal.

Definisi proposal secara khusus. Misalnya proposal karya ilmiah yang dibuat dalam dunia pendidikan. Dalam dunia ilmiah atau pendidikan, pengertian proposal adalah sebuah rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang hendak dilakukan peneliti terkait bahan penelitian.

Tujuan dan Fungsi Pembuatan Proposal

Saat seseorang membuat proposal, pasti memiliki tujuan tersendiri. Berikut ini beberapa tujuan dari pembuatan proposal.

  • Memperoleh persetujuan dari pihak yng bersangkutan agar bisa melaksanakan kegiatan tertentu.
  • Jika berkaitan dengan pengajuan dana, maka proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan bantuan dan dari sponsor.
  • Mendapatkan dukungan dari pihak yang berkaitan dengan kegiatan.
  • Jika proposal yang dibuat berhubungan dengan proyek pemerintah maka proposal tersebut dibuat untuk tujuan melakukan tender atau lelang atas proyek tersebut.
  • Memperoleh penawaran kerja sama bisnis, jika proposal yang dibuat berupa proposal usaha.

Sementara itu, untuk fungsi dari proposal antara lain:

  • Berguna untuk mengajukan kerja sama bisnis.
  • Berguna untuk mengadakan acara tertentu, seperti pelatihan, perlombaan, seminar, dan lain sebagainya.
  • Dapat digunakan untuk pedoman pelaksaaan penelitian ilmiah.
  • Bisa digunakan untuk mengajukan pendirian usaha.
  • Dapat dimanfaatkan untuk lelang proyek atau barang.

Unsur- Unsur Proposal Umum

Proposal umum merupakan proposal yang biasanya digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan. Bentuk dari proposal ini sebenarnya mirip dengan proposal karya ilmiah. Namun seperti namanya, proposal umum ini bersifat sangat umum sehingga biasanya menggunakan bahasa yang lebih lentur dan tidak menggunakan aturan penulisan secara baku.

Meskipun demikian, proposal ini memiliki kaidan dan sistematika teertentu. Berdasarkan penjelasan di e-Modul Bahasa Indonesia Kelas XI, berikut komponen atau unsur dalam proposal umum yang perlu dipahami.

Baca Juga: Struktur Proposal dan Penjelasannya.

1. Nama Kegiatan

Unsur proposal umum yang pertama yaitu nama kegiatan atau judul. Nama kegiatan ini berisi cerminan kegiatan yang akan dilaksanakan.

2. Latar Belakang

Dalam sebuah proposal pasti terdapat latar belakang. Bagian ini berisi pokok pemikiran dan alasan perlunya diadakan kegiatan tersebut.

3. Tujuan Kegiatan

Unsur dalam proposal umum lainnya yaitu tujuan kegiatan. Perlu dipahami bahwa tujuan kegiatan ini harus dibuat sedemikian rupa agar target yang dicapai dan nilai tampah yang didapat bisa dirasakan pembaca. Maka dari itu, tujuan dalam proposal umum harus diterangkan agar tampak manfaat kegiatan tersebut.

4. Tema

Tema merupakan hal yang mendasari keguatan tersebut. Dalam proposal kegiatan, tema dituliskan agar pembaca bisa mengetahui garis besar dari kegiatan tersebut.

5. Sasaran atau Peserta

Dalam proposal kegiatan, sasaran dan perserta yang ditargetkan harus ditulis secara tegas. Hal tersebut berguna untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang seluruh pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

6. Tempat dan Waktu Kegiatan

Unsur dalam proposal kegiatan lainya yaitu tempat dan waktu kegiatan. Dalam proposal harus ditulis secara jelas terkait pelaksanaan kegiatan tersebut.

7. Kepanitian

Dalam proposal umum juga harus tertulis struktur kepanitiaan secara rinci agar pembaca bisa mengetahui pihak yang berada di belakang layar kegiatan tersebut.

8. Rencana Anggaran Kegiatan

Penyusun proposal harus menyusun anggaran biaya yang logis dan realistis. Tak hanya itu, rencana anggaran kegiatan juga harus memperhatikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

9. Penutup

Bagian terakhir dalam proposal umum yaitu penutup. Di bagian ini penyusun bisa menuliskan ucapan terima kasih dan harapan pihak penyelenggara kegiatan.

Manfaat Pembuatan Proposal

1. Sebagai Panduan Pelaksanaan Penelitian

Bagi peneliti, proposal penelitian berperan sebagai panduan pelaksanaan penelitian. Penyusunan proposal penelitian dapat menjadi acuan kerja yang mengendalikan kinerja penelitian secara optimal, terarah, serta menghemat tenaga, waktu, dan dana yang digunakan selama penelitian berlangsung.

Selain itu, kualitas dan kredibilitas hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan dengan mengacu kepada proposal penelitian.

2. Sebagai Penentu Kelayakan Penelitian

Kelayakan penelitian umumnya dinilai oleh pembimbing yang merupakan pakar, konsultan, atau narasumber dalam suatu bidang penelitian tertentu. Proposal penelitian menjadi tolok ukur kelayakan suatu penelitian. Jika proposal penelitian layak, maka penelitian dapat dilakukan.

Sebaliknya, jika proposal penelitian belum layak atau tidak layak, maka rancangan penelitian dapat diperbaiki terlebih dahulu, diganti topik dan permasalahannya, atau ditolak sama sekali. Proposal penelitian juga menjadi penilaian kelayakan pemberian dana oleh sponsor kepada suatu penelitian. Jumlah dana yang diberikan oleh sponsor sagat ditentukan oleh tingkat kualitas proposal penelitian.

Itudia pembahasan mengenai proposal.
Dengan memahami hal tersebut, harapannya Kamu bisa membuat proposal dengan baik dan benar.
Semoga membantu dan bermanfaat.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here