Wiki

Wiki

Portal Islam

Apr 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Contoh Surat Pengantar Magang

Baik bagi mahasiswa maupun fesh graduate, mengikuti program magang menjadi salah satu fase yang penting untuk dilakukan. Selain memberikan pengalaman kerja, magang juga memeberikan kemungkinan untuk melanjutkan karier di perusahaan tersebut.

Saat ini, banyak program magang yang dapat Kamu ikuti, baik melalui kampus maupun secara pribadi. Apapun jalurnya, Kamu perlu tahu cara mengajukan permohonan magang yang tepat.

Selain mempersiapkan dokumen seperti CV dan portofolio, Kamu perlu memberikan surat pengantar magang juga. Simak contoh surat pengantar magang di bawah ini.

Apa Itu Surat Pengantar Magang

Magang bagaikan versi trial dan bekerja sesungguhnya. Artinya, mulai dari pencariaan, seleksi, hingga menjadi karyawan magang serupa ketika Kamu telah diterima secara resi menjadi pegawai persuhaan tersebut. Hal ini juga berlaku ketika Kamu melamar posisi magang di sebuah perusahaan dengan surat pengantar magang.

Surat pengantar magang sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya. Surat ini berisi pengantar diri Kamu sebagai pelamar yang dikirimkan ke perusahaan tertentu menjadi pemagang di tempat mereka sesuai lowongan yang tersedia.

Isi surat permohonan magang harus informatif, ringkas, dan padat. Informasi seperti identitas diri, pendidikan, keahlian, dan pengalaman perlu dicantumkan di surat ini, surat pengantar magang memang merupakan pengantar dokumen lain Kamu harus bisa mengukur seberapa banyak “fakta diri” yang perlu disampaikan dalam surat ini tanpa membuatnya kepanjangan namun tetap dapat menjadi pembuka yang baik.

Surat ini termasuk surat formal, sehingga dalam proses pembuatanya pun harus serius. Namun, Kamu tidak perlu bingung dengan mengikuti tips di bawah ini:

  • Pastikan tidak ada kesalahan data dan informasi, termasuk salah ketik.
  • Jangan mengada- ada informasi atau record terkait dirimu.
  • Jelaskan informasi yang ada secara singkat, padat, dan jelas.
  • Gunakan bahasa formal.
  • Perhatikan detail- detail kecil yang mungkin terlewat, contohnya lampiran dokumen yang disertai dengan surat pengantar magang. Pastikan apa yang mereka dapatkan sesuai dengan apa yang Kamu katakan di surat tersebut.

Unsur yang Terdapat pada Surat Pengantar Magang

Seperti yang telah disebutkan surat pengantar magang harus menampung informasi seperti identitas pengantar magang, riwayat pendidikan perkualihan, serta kemampuan dan pengalaman yang relavan. Agar surat pengantar magang Kamu lebih meyakinkan, ada beberapa bagian yang perlu ada di dalam surat tersebut.

1. Kop Surat

Bagian ini harus ada apabila pengantar magangmu difasilitasi oleh pihak kampus. Isi kop surat pengantar magang dengan kop surat biasanya berisi nama dan logo universitas, alamat, serta nomor telepon.

Jika Kamu megirimkannya secara pribadi, kamu tidak perlu mencantumkan kop surat. Tanggal pembuatan surat di pojok kanan atas sudah cukup.

2. Pihak yang Dituju

Pihak yang dituju tentunya pimpinan atau manajer bagian HRD di perusahaan yang Kamu ingin magang di dalamnya. akan lebih baik dan menjadi poin plus jika Kamu mengerti nama lengkap mereka.

Namun, jika Kamu tidak mengetahuinya, cukup mencantumkan posisi pihak yang di tuju dengan jelas agar surat pengantar tersampaikan kepada orang yang tepat.

3. Identitas diri

Kamu perlu mencantumkan data dirimu sebagai calon pemagang. Hal tersebut meliputi nama lengkap, nomor induk mahasiswa, nomor telepon pribadi, alamat tempat tinggal, jurusan, serta fakultas. Apabila surat ini dikirimkan oleh pihak kampus, nama kampus tidak perlu tertera di dalamnya.

Format bagian ini bermcam macam. Ada yang berbentuk daftar dan paragraf. Sesuai dengan gaya penulisan pengirim (baik kampus maupun pribadi) dan kebutuhan. Selama informasi yang tercantum lengkap dan sesuai perihal tidak menjadi masalah.

4. Isi Surat

Segala maksud pengantar magang, posisi yang dituju, penjelasan keahlian, dan pengalaman disampaikan di bagian ini. penjelasan tersebut tidak perlu begitu banyak karena karena nantinya hal terseut dapat dilihat di dokumen terlampir seperti CV. Cukup jelaskan bahwa Kamu ingin magang di posisi Kamu inginkan, yang mana sesuai dengan pengalaman dan keahlian.

Jika posisi tersebut tidak linear dengan pendidikan maupn pengalmanmu, Kamu tetap bisa menjelaskan bahwa Kamu memiliki ketertarikan khusus, ingin belajar lebih banyak, dan memiliki keahlian yang dpat digunakan posisi tersebut. Di bagian ini juga biasanya disebut durasi magang yang diminta.

5. Lampiran Dokumen Pendukung

Surat permohonan lumrahnya dibarengi dengan dokumen lain sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima dirimu. Dokumen tersebut seperti kartu hasil studi (KHS), salinan kartu tanda mahasiswa dan penduduk, cucriculum vitae (CV, dan lainya.

6. Penutup Surat

Menutup surat permohonan magang haruslah sopan dan meyakinkan. Kamu dapat “menegaskan” sekali lagi jika Kamu berkeinginan besar untuk magang dan berkontribusi di perusahaan tersebut serta menunggu keputusan dari mereka. Di bagian ini juga, Kamu dapat memberitahu mereka untuk menghubungi dirimu jika ada hal lain yang ingin mereka ketahui dari Kamu.

7. Tanda Tangan

Apabila Kamu mengirim surat pengantar magang atas nama pribadi, Kamu perlu mencantumkan nama terang dan tanda tanganmu di bagian akhir surat.

Lain ceritanya jika surat tersebut mengatasnamakan pihak kampus, maka orang yang menandatangainya adalah staff kampus seperti wakil rektor atau dekan fakultas.

Contoh Surat Permohonan Magang

Kamu sudah menemukan perusahaan dan posisi magang yang Kamu inginkan? Waktunya Kamu membuat surat pengantar magang.

Surat ini dapat dibuat sesuai dengan petujuk dan bagian- bagian atas. Jika Kamu masih ragu, contoh surat pengantar magang di bawah ini bisa menjadi referensimu.

1. Surat Pengantar Magang melalui Pihak Universitas

UNIVERSITAS NASIONAL
Jalan Nusantara N0.29-31, Jakarta Timur, DKI Jakarta
No. Telepon: 081876542135 | E-mail: unasional.ac.id.

31 Maret 2022

Nomor: 1001/XI/MHS.MG/2022
Lampiran: 2
Hal: Permohonan Praktik Kerja

Kepada Yth.
Pimpinan PT Biofarma Indonesia
Jalan Bumi Asri no. 101
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pengimplementasian ilmu yang telah didapatkan selama proses perkuliahan serta peningkatan keahlian agar dapat menjadi tenaga bersaing di dunia karier, Fakultas Farmasi Universitas Nasional memberi izin untuk melakukan praktik kerja dalam program magang bagi mahasiswa di bawah ini:

Nama: Muhammad Abid.
NIM: 097425611
Jurusan: Farmasi
Fakultas: Farmasi
Semester: 6 (Enam)
No. Telepon: 08577459843

Dengan surat ini, kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menerima mahasiswa kami menjalani magang sebagai Asisten Penelitian di perusahaan ini selama 1 semester, mulai dari 1 Mei-1 November 2022.

Dokumen-dokumen seperti kartu hasil studi dan surat keterangan mahasiswa aktif telah terlampir sebagai bahan pertimbangan Anda.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wakil Dekan I
Fakultas Farmasi Universitas Nasional

Dr. Supardi, S.Farm., M.Pharm.Sci.

2. Surat permohonan Magang Pribadi

HRD Indonesia Futur Adil Law Firm
Jalan Merdeka no. 91
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rahajeng Ayu
NIM: 107425613
Pendidikan: Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Nasional
Semester: 6 (Enam)
No. Telepon: +62 822-6543-2127

Bersama surat ini, saya hendak mengajukan permohonan magang di firma hukum Bapak/Ibu sebagai Legal Intern. Apabila permohonan ini disetujui, magang akan dilakukan selama 4 bulan, mulai dari 10 Maret-15 Juli 2022.

Terdapat beberapa dokumen yang dapat menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu, sebagai berikut:

Surat Keterangan Mahasiswa Aktif
Kartu Hasil Studi
Curriculum Vitae (CV)
Demikian permohonan ini saya sampaikan. Apabila ada informasi yang ingin Anda ketahui, saya dapat dihubungi melalui nomor telepon yang tertera di atas. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Rahajeng Ayu

3. Surat Pengantar Magang untuk Posisi yang tidak Linear dengan Pendidikan

10 Juni 2022

Manajer HRD Literasi Indonesia
Jalan Kampung Ilmu no. 23
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Saya Faris Adi, mahasiswa semester 6 jurusan Manajemen Bisnis di Universitas Nasional. Melalui surat ini, saya ingin mengajukan permohonan untuk melamar magang di Literasi Indonesia sebagai Asisten Editor.

Selama masa perkuliahan, saya aktif sebagai kepala divisi relasi dan media di organisasi kemahasiswaan tingkat universitas. Saya juga beberapa kali mengirimkan tulisan yang diterbitkan media massa dan disibukkan sebagai editor majalah kampus. Hal inilah yang menjadi motivasi saya untuk melamar di perusahaan Bapak/Ibu meskipun latar belakang pendidikan dan posisi yang saya daftarkan tidak linear.

Saya juga melampirkan CV dan portofolio sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya percaya bahwa Literasi Indonesia dapat menjadi tempat belajar yang baik dan mewadahi ketertarikan saya terhadap dunia literasi.

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Apabila ada informasi yang ingin Anda ketahui, saya dapat dihubungi melalui +62 897-6543-2177 atau [email protected]. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Faris Adi

Pastikan untuk selalu menijau ulang surat pengantar magangmu sebelum mengirimnya.
Kamu tidak ingin pengantarmu diabaika hanya karena salah ketik atau tujuan, kan?
Semoga membantu dan bermanfaat.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here