Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar

Smallest Font
Largest Font

Surat izin tidak masuk kerja merupakan salah satu kelengkapan yang wajib kamu buat jika ingin izin dalam bekerja. Yang mana adanya surat ini dapat memudahkan kamu dalam banyak hal.

Namun format dan pembuatan dari surat nya memiliki berbagai macam aturan sesuai dengan ketentuan dari perusahaan masing-masing. Untuk itulah kamu tidak bisa sembarangan membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja ini.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap bagaimana contoh penulisan Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang baik. Simak berikut selengkapnya untuk mendapatkan informasi yang dapat kamu ikuti dan praktekkan ketika nanti ingin izin dalam bekerja.

Apa Itu Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Setiap perusahaan, tentunya terdapat banyak peraturan yang harus diikuti oleh semua karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut. Mulai dari peraturan tertulis sampai peraturan tidak tertulis sekalipun yang patut ditaati.

Terlebih jika kamu bekerja di perusahaan yang bisa dibilang jangkauannya sudah besar. Pastinya akan ada lebih banyak peraturan jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan di bawahnya.

Salah satunya adalah dalam perihal perizinan untuk hari-hari kerja. Ketika bekerja, ada saatnya dimana waktu kamu akan membutuhkan izin untuk memenuhi berbagai alasan. Baik itu alasan keluarga, sakit, hiburan, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi hal tersebut, biasanya kamu harus membuat surat izin sebagai kelengkapannya. Surat ini yang nantinya akan memberikan informasi terkait dalam alasan apa kamu meminta izin tidak masuk bekerja.

Karena perusahaan tidak akan dengan mudah begitu saja memberikan izin kepada karyawan-karyawannya. Harus ada alasan yang jelas dan masuk akal agar bisa mendapatkan izin dari perusahaan.

Sebab bagi pihak perusahaan, waktu yang terbuang jika ada satu saja karyawan yang izin, akan sangat disayangkan. Oleh karena itulah banyak perusahaan-perusahaan yang sulit sekali memberikan izin untuk karyawannya.

Untuk mempermudah hal tersebut, kamu perlu membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja. Yang pastinya dengan memberikan informasi sejelas mungkin menggunakan bahasa yang formal dan baik dan tidak bertele-tele.

Umumnya beberapa perusahaan sudah memiliki format untuk Surat Izin Tidak Masuk Kerja. Sehingga para karyawan yang membutuhkannya hanya harus membuatnya sesuai dengan format yang tersedia.

Tetapi bagaimana jika perusahaan tempat kamu bekerja sekarang tidak memiliki formatnya tersendiri untuk surat tersebut? Kamu harus membuatnya sendiri tanpa ada format dan sebisa mungkin menyampaikan maksud kamu dengan jelas.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja, kami akan memberikan contohnya dibawah ini. Sehingga kamu dapat mengikuti format yang ada jika memang perusahaan tempat kamu bekerja tidak memiliki formatnya sendiri.

Informasi Dalam Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Dalam surat izin yang kamu buat, harus memuat beberapa informasi penting yang tidak boleh sampai dilewatkan. Informasi-informasi inilah yang dapat membuat perusahaan mengetahui alasan dibalik perizinan yang diajukan.

Yang menjadi pembeda antara surat cuti dan surat izin ini adalah durasi dari waktu yang diperlukan. Umumnya, cuti memiliki jangka dan rentang waktu yang lama, seperti cuti melahirkan yang membutuhkan waktu sekitar 3/4 bulan.

Sedangkan surat izin dibuat hanya untuk keperluan mendesak yang jangka waktunya tidak terlalu lama. Seperti 1-7 hari kerja saja yang dapat dimohonkan.

Seperti yang kamu lihat dalam contoh yang sudah kami berikan diatas. Bahwa surat izin ini ditujukan dan dikirim kepada HRD perusahaan kamu masing-masing.

Informasi lainnya yang tak kalah penting adalah alasan mengapa kamu mengajukan surat permohonan izin tidak masuk bekerja. Yang mana menjadi alasan juga mengapa kamu membuat surat permohonan izin ini.

Usahakan kamu menuliskannya dengan lengkap, agar perusahaan dapat mengetahui alasan mendesak apa yang membuat kamu mengajukan surat tersebut. Karena tidak sembarang alasan dapat disetujui, harus masuk akal dan diperlukan untuk mendapat persetujuan.

Alasan-alasan tersebut biasanya seperti sakit, urusan keluarga, keperluan mendesak, dan yang lainnya. Kalau alasan yang diberikan dinilai kurang mendesak, perusahaan akan sulit untuk mempertimbangkan persetujuannya.

Karena perusahaan membutuhkan kejelasan terkait alasan karyawannya sebelum dapat menyetujui permohonan tersebut. Sebaiknya, kamu membuat surat tersebut dengan baik agar perusahaan tidak menolak yang kamu ajukan.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja ini pun dibuat karena sebuah keharusan yang dibutuhkan oleh kedua pihak, karyawan dan perusahaan. Yang menunjukkan sikap profesional kamu dalam bekerja dan menunjukkan citra baik terhadap pihak perusahaan.

Beberapa informasi yang wajib kamu sebutkan dalam Surat Izin Tidak Masuk Kerja akan kami jelaskan secara lengkap di bawah ini. Pastikan tidak melupakan salah satu dari informasi ini jika ingin membuat surat izin yang baik dan benar.

1. Mengikuti Format

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa beberapa perusahaan sudah memiliki formatnya sendiri untuk surat izin ini. Namun juga masih banyak perusahaan yang belum memiliki format tersebut.

Silahkan ikuti format yang sudah ada jika memang perusahaan tempat kamu bekerja memilikinya. Pastikan untuk tidak mengganti dan mengubah format tersebut dan menyampaikan informasi yang seharusnya dengan jelas..

2. Identitas Karyawan

Informasi yang satu ini sangat wajib diinformasikan dalam Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang akan disampaikan. Jika tidak ada informasi ini, maka pihak perusahaan tidak akan mengetahui siapa pemohon yang mengajukan izin tersebut.

Lantas jika tidak mengetahui siapa pemohon dari surat izin tersebut, maka pihak perusahaan tidak akan bisa memberikan persetujuan. Itulah mengapa sangat penting memasukkan informasi mengenai identitas dari pemohon.

Informasi identitas yang wajib dimasukan adalah nama lengkap kamu, department dan jabatan, serta NIK atau NIP karyawan. Yang bertujuan memudahkan pihak perusahaan atau HRD mengidentifikasi identitas kamu dalam perusahaan tersebut.

Karena dalam satu perusahaan, bukan hanya kamu saja yang menjadi karyawan di dalamnya. Belum lagi jika terdapat nama yang sama dengan nama kamu, maka akan lebih mudah membedakannya dengan NIK/NIP dan departemen.

3. Alasan Izin

Informasi lainnya yang tak kalah penting adalah alasan mengapa kamu mengajukan surat permohonan izin tidak masuk bekerja. Yang mana menjadi alasan juga mengapa kamu membuat surat permohonan izin ini.

Usahakan kamu menuliskannya dengan lengkap, agar perusahaan dapat mengetahui alasan mendesak apa yang membuat kamu mengajukan surat tersebut. Karena tidak sembarang alasan dapat disetujui, harus masuk akal dan diperlukan untuk mendapat persetujuan.

Alasan-alasan tersebut biasanya seperti sakit, urusan keluarga, keperluan mendesak, dan yang lainnya. Kalau alasan yang diberikan dinilai kurang mendesak, perusahaan akan sulit untuk mempertimbangkan persetujuannya.

Jadi pastikan jika kamu ingin mengajukan surat permohonan izin ini, dengan menggunakan alasan yang benar-benar mendesak. Namun bukan berarti kamu harus berbohong dengan menuliskan alasan mendesak padahal sebenarnya alasannya bukan itu.

Pastikan kejujuran nomor satu dalam hal ini. Tuliskanlah alasan kamu yang sebenarnya dengan jelas agar perusahaan mengerti yang kamu maksud, tanpa adanya kebohongan.

Urusan persetujuan dan sebagainya, biarlah pihak HRD yang menilai apakah permohonan kamu layak untuk disetujui atau tidak. Yang paling penting kamu sudah mencoba untuk menuliskan alasannya sejelas mungkin.

4. Tanggal Izin

Selanjutnya adalah menuliskan tanggal dan hari yang akan kamu gunakan untuk izin dengan baik. Pastikan tidak salah menuliskan tanggal karena akan berpengaruh sangat fatal.

Karena jika salah tanggal dan HRD sudah menyetujui, mau tidak mau kamu harus mengikuti tanggal yang sudah disetujui tadi. Walaupun sebenarnya tanggal tersebut merupakan tanggal yang salah.

Jadi pastikan kembali bahwa kamu menuliskan tanggal izinnya dengan baik tanpa ada kesalahan. Tuliskanlah dengan format yang sejelas mungkin, seperti hari, tanggal, bulan, dan tahun.

5. Durasi Waktu Izin

Selain menginformasikan tanggal berapa kamu izin tidak masuk bekerja, informasikan juga durasi waktu yang ingin kamu gunakan. Contohnya, kamu ingin izin dari tanggal 2 sampai tanggal 4, maka tuliskanlah durasi waktu tersebut dalam isi suratnya.

Biasanya durasi waktu izin ini digunakan pada surat izin untuk cuti. Karena umumnya orang-orang mengajukan cuti tidak hanya satu atau dua hari saja.

Tetapi pada Surat Izin Tidak Masuk Kerja juga kamu bisa menyampaikannya jika memang keperluan yang dibutuhkan lebih dari 1 hari. Informasikan lengkap menggunakan format yang sama yaitu hari tanggal bulan dan tahun.

6. Ucap Terima Kasih

Yang terakhir adalah mengucapkan terima kasih untuk HRD untuk surat permohonan yang diajukan. Dengan menuliskan kata terima kasih akan memberikan kesan bahwa kamu menghormati pihak perusahaan.

Jadi bisa dikatakan bahwa mengucap terima kasih ini adalah salah satu hal yang wajib kamu tuliskan dalam surat izin tersebut. Pastikan untuk tidak lupa menuliskannya.

Contoh-Contoh Penulisan Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Langsung saja berikut ini akan kami berikan beberapa contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang baik dan benar. Simak berikut ini agar kamu mengetahui bagaimana contoh penulisan surat izin untuk berbagai alasan.

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Sebab Sakit

Jakarta, 11 Februari 2023

Kepada Yth,
HRD PT. Berkah Selalu
Jl. Sudirman No. 23

Dengan Hormat,
Saya Melisa dari departemen Produksi ingin mengajukan surat permohonan izin tidak masuk bekerja selama 3 hari. Dari tanggal 13 Februari 2023 – 16 Februari 2023, dikarenakan sakit demam dan harus menjalankan rawat inap. Yang mana pada tanggal tersebut saya tidak bisa hadir ke perusahaan untuk bekerja selama masa pemulihan.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dan surat anjuran lainnya dari dokter sebagai kelengkapan surat permohonan ini.

Atas waktu dan perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak HRD dan yang bersangkutan.

Hormat Saya,

Melisa

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Sebab Urusan Keluarga

Bogor, 10 Januari 2023

Kepada Yth,
Bapak/Ibu HRD
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya karyawan yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Akbar Maulana
Alamat : Bandung Barat, No.25
Departement : Warehouse
Jabatan : Operator Gudang

Mengajukan surat permohonan izin tidak masuk bekerja dikarenakan kabar duka salah satu keluarga saya. Saya harus pulang kampung untuk mengurus urusan tersebut dalam beberapa hari. Karena itulah saya mengajukan permohonan izin tidak masuk bekerja selama satu minggu dari tanggal 11 Februari 2023 sampai 18 Februari 2023.

Demikian surat ini saya buat dengan sebaik-baiknya, saya berharap pengertian Bapak/Ibu sekalian untuk menyetujui permohonan ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Akbar Maulana.

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Sebab Menikah

Jakarta, 29 Januari 2022

Kepada Yth
HRD PT. Frozen Food Cahaya
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya atas nama Fachri Muhammad, bertujuan untuk mengajukan surat permohonan izin tidak masuk bekerja selama 3 hari karena akan melangsungkan pernikahan. Yaitu mulai dari akad sampai resepsi dari tanggal 2 Februari 2022 – 5 Februari 2022. Saya akan mengirimkan surat lampiran pendaftaran pernikahan saya secara terpisah dan menyusul setelah melakukan proses akad nikah.

Demikian surat permohonan izin ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Fachri Muhammad

Demikian informasi mengenai Surat Izin Tidak Masuk kerja pada artikel kali ini yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam melakukan pekerjaan kamu.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow