Pengertian Vokal Grup, Ciri-Ciri dan Contoh Bentuknya

Pengertian Vokal Grup, Ciri-Ciri dan Contoh Bentuknya

Smallest Font
Largest Font

Vokal grup adalah kumpulan penyanyi yang memiliki ketinggian suara yang berbeda-beda. Sekelompok penyanyi tersebut menyanyikan lagu dengan satu konsep suara atau lebih, atau menggunakan karakter suara masing-masing.

Penyanyi yang tergabung dalam vokal grup bisa bernyanyi menggunakan beberapa jenis variasi suara, di antaranya sopran, alto, tenor, atau bas. Vokal grup dapat terdiri dari penyanyi laki-laki atau perempuan.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait pengertian, ciri-ciri, dan bentuk vokal grup, bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian dari Vokal Grup

Sebagaimana penjelasan di atas, vokal grup merupakan kumpulan penyanyi yang menyanyikan lagu menggunakan ketinggian suara yang berbeda-beda. Terdapat ciri khas suara dalam vokal grup, di antaranya bas, tenor, sopran, atau alto.

Alto dan Sopran identik dengan jenis suara perempuan, sedangkan tenor dan bass identik dengan jenis suara laki-laki. Vokal grup kerap disebut ansambel vocal yang merupakan kelompok penyanyi yang mengandalkan skill individu.

Dan lewat perkembangan yang dinamis, lantaran vokal grup selalu mempunyai ciri khas di setiap kelompoknya. Apa saja ciri-ciri vokal grup?

Ciri-ciri Vokal Grup

Dilansir dari buku Aransemen Lagu Vokal Grup yang diterbitkan oleh Kemdikbud, terdapat beberapa ciri-ciri dari vokal grup yang perlu diketahui. Berikut adalah ciri-cirinya:

  1. Memiliki jumlah anggota yang sedikit dari paduan suara, yakni 3 (tiga) hingga 8 (delapan) orang.
  2. Masing-masing penyanyi mempunyai karakter warna suara yang beda.
  3. Pembagian suara vokal dibagi jadi suara mezzo-sopran, alto, tenor, sopran, bass, dan baritone. Disesuaikan dengan kemampuan dan kecocokan dari suara masing-masing penyanyi.
  4. Aransemen dan pembawaan lagu bebas, sehingga tiap vokal grup mempunyai karakter sendiri.
  5. Tak ada dirigen sebagai pemimpin seperti di paduan suara.
  6. Lagu-lagu yang dibawakan biasanya bergenre pop.
  7. Kerap menggunakan back vokal.
  8. Bisa diiringi music ataupun tidak.
  9. Improvisasi diutamakan.
  10. Selalu ada interlude, intro, dan coda.
  11. Menyertakan gerakan yang bisa menghidupkan lagu.

Bentuk Vokal Grup

Selain ciri-cirinya, terdapat beberapa bentuk vokal grup. Berikur adalah macam-macam jenis dan bentuk vokal grup:

1. Duet

Duet merupakan kelompok music yang terdiri dari dua orang. Dalam penyajian music vokalnya, duet menyajikan dua penyanyi yang menggunakan melodi suara berbeda dan diiringi alat music. Duet dapat terdiri dari penyanyi wanita dan pria ataupun pria dan pria, wanita dan wanita.

Hal itu tergantung dengan kecocokan masing-masing. Beberapa vokal grup duet Indonesia yang populer adalah Duo Maia, Ratu, dan Pasto. Ketiganya merupakan grup music duet yang dibuat oleh musisi Maia Estianty.

2. Trio

Trio merupakan bentuk vokal grup dengan menyajikan tiga orang penyanyi. Struktur anggotanya tak jauh berbeda dengan vokal grup duet. Dan tentunya harus mempunyai kemampuan vokal yang baik.

Beberapa vokal grup tria yang populer di Indonesia adalah RAN, Dewi-dewi, dan AB Three yang diganti menjadi Be3.

3. Kwartet

Kwartet merupakan bentuk vokal grup yang menyajikan empat penyanyi, yang menggunakan melodi suara yang berbeda dan diiringin dengan alat music. Vokal grup yang populer di dunia adalah Westlife.

4. Vokal Grup

Vokal grup merupakan bentuk penyajian yang dibawakan dengan minimal dua orang penyanyi. Dan menggunakan lebih dari satu suara yang diiringi oleh alat music. Penyajian music vokal grup ini tanpa dirigen.

5. Paduan Suara

Paduan suara adalah penyajian vokal grup yang dibawa oleh banyak penyanyi, yakni minimal 15 orang atau lebih. Penyajian musiknya yakni menggunakan suara yang berbeda atau ambitus suara. Paduan suara menggunakan konduktor atau dirigen sebagai pemimpin di pertunjukan music lewat gerak isyarat.

6. Akapella

Akapella merupakan penyajian music yang dibawa oleh lebih dari dua orang, yang tanpa menggunakan iringan alat music. Bentuk grup vokal ini dibilang unik, lantaran tetap terlihat meriah dan menghibur lewat gerak-gerik mulut.

Salah satu contoh grup akapella yang terkenal adalah Pentatonix berasal dari Texas.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan bentuk vokal grup. Semoga membantu kamu.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow