Wiki

Wiki

Portal Islam

Apr 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Pengertian, Tujuan, Serta Fungsi Poster

Poster adalah sebuah media promosi yang memiliki banyak fungsi dan tujuan. Pastinya kamu sudah sering mendengarnya dan belajar dari nama ini.

Tidak hanya digunakan, Poster juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan untuk kamu. Maka itu banyak orang yang tertarik dengan Poster dan ingin membuat dengan kreatifitasnya sendiri.

Namun pastinya banyak diantara kamu yang belum mengenal lebih jauh mengenai kreatifitas satu ini. Artikel kali ini bisa menjadi referensi penting diperuntukkan kamu yang tertarik padanya.

Mengenal Poster

Poster adalah sebuah media promosi yang memiliki banyak fungsi an tujuan, terutama utuk menyampaikan informasi secara visual kepada masyarakat. Selain itu dapat digunakan untuk berbagai fungsi pada kehidupan.

Dala dunia seni, bentuk ini jyuga merupakan karya seni yang dapat dijadikan sebagai objek koleksi atau sebagai media kepada umum, Untuk hal ini dapat juga digunakan sebagai media penyampai pada masyarakat.

Kreatifitas ini bisa menjadi media yang sangat efektif dalam membangun citra atau merek sebuah perusahaan atau organisasi. Selain itu dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu isu.

Bentuk umumnya terdiri dari gambar atau ilustrasi, teks, dan informasi tambahan seperti logo atau informasi kontak. Desain poster yang baik harus menarik perhatian target pasar dan pesan yang jelas serta mudah dipahami.

Hasil buatan yang menarik biasanya memiliki kombinasi yang tepat antara warna, teks, dan gambar. Sebagai media promosi memiliki keuntungan dibandingkan dengan media lainnya seperti iklan televisi atau radio.

Untuk membuat hasil yang menarik, kamu harus memperhatikan tata letak yang rapi dan konsisten. Lalu memilih warna yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan menggunakan gambar atau grafis yang berkualitas.

Pilih ukuran dan format poster yang sesuai dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan, serta dengan lokasi penempatan poster. Jika akan ditempel di dinding, pilih ukuran dan format yang bisa dibaca dengan jelas dari jarak yang cukup jauh.

Ada beberapa jenis yang umum digunakan seperti promosi produk, promosi acara, pendidikan, kampanye sosial, inspirasi, seni, dan pemilihan umum. Dengan begitu kamu bisa saja membuat salah satunya yang relevan dengan diri kamu saat ini.

Keuntungan memilih membuatnya tidak hanya lebih murah, tetapi juga dapat ditempatkan di tempat yang strategis untuk menjangkau target pasar. Keuntungan lainnya memiliki daya tahan yang lama untuk ditempatkan dalam jangka waktu lama.

Fungsi Dari Poster

Dalam menuangkan kreatifitas, kamu bisa memilih media apapun untuk mencurahkannya. Salah satu yang dapat menjadi wadah dari kreatifitas kamu adalah Poster.

Dengan menuangkannya pada bentuk ini, kamu bisa membuat keuntungan lainnya. Sehingga selain kreatifitas kamu dapat dituangkan, hal – hal baik lainnya juga akan didapat.

Untuk membuat hasil yang menarik, kamu harus memperhatikan tata letak yang rapi dan konsisten. Lalu memilih warna yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan menggunakan gambar atau grafis yang berkualitas.

Pilih ukuran dan format poster yang sesuai dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan, serta dengan lokasi penempatan poster. Jika akan ditempel di dinding, pilih ukuran dan format yang bisa dibaca dengan jelas dari jarak yang cukup jauh.

Ada beberapa jenis yang umum digunakan seperti promosi produk, promosi acara, pendidikan, kampanye sosial, inspirasi, seni, dan pemilihan umum. Dengan begitu kamu bisa saja membuat salah satunya yang relevan dengan diri kamu saat ini.

Jika bentuk buatan kamu memberi sebuah rasa tertarik orang lain, maka bukanlah tidak mungkin hal tersebut dapat menghasilkan uang. Berikut manfaat disertakan fungsi darinya.

1. Memperkenalkan Serta Mempromosikan Produk atau Acara

Bentuk kreatifitas ini sering digunakan sebagai alat promosi untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk atau acara. Alasan ini yang memungkinkan jika kamu menjadi seorang pembuat poster maka mendapatkan uang.

Setelah perusahaan memilah poster – poster menarik yang diterimanya, maka perusahaan akan memasarkan produk melaluinya. Jika yang terpilih adalah buatan kamu, maka perusahaan akan membayar untuk hasil buatan kamu tersebut.

Poster yang menarik dapat memancing minat orang untuk melihat lebih lanjut tentang produk atau acara tersebut. Sehingga penjualan dari produk akan mengalami kenaikan, serta bentuk kreatifitas kamu tersebut dilihat banyak peminat.

2. Memberikan Informasi Bagi Orang Lain

Hasil karya satu ini juga bisa digunakan untuk memberikan informasi yang penting. Karena pesan yang terkandung pada gambar, bisa jadi mengandung informasi bagi yang melihatnya.

Sehingga sering digunakan di sekolah, kampus, atau tempat-tempat umum lainnya. Diperuntukkan memberikan informasi tentang kegiatan, aturan atau hal-hal yang penting untuk diketahui.

Karena pesan yang diberi pada saat membuatnya bisa tersampaikan dengan baik, jika mengandung sebuah informasi. Menyebabkan bentuk kreatifitas berikut dapat ditempatkan sebagai informasi formal.

3. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Pada bentuknya bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sosial atau lingkungan yang penting. Karena akan membangkitkan rasa kesadaran masyarakat dengan gambar di dalamnya.

Poster semacam ini sering digunakan oleh organisasi nirlaba untuk mempromosikan kampanye sosial atau lingkungan tertentu. Sehingga promosi yang dilakukannya akan menjadi semakin luas jangkauannya.

4. Mendukung Edukasi

Kreatifitas ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, terutama untuk memperjelas konsep atau informasi yang kompleks. Sehingga nilai tersirat di dalamnya bisa diperjelas dalam bentuk kata – kata.

Jenis edukasi sering digunakan di kelas atau di perpustakaan. Karena maksud dari pembuatannya adalah untuk memberi informasi yang mengedukasi bagi yang melihatnya.

5. Memperindah Ruangan

Bentuk ini juga bisa digunakan untuk memperindah ruangan atau tempat kerja. Karena pada bentuknya memiliki banyak warna yang menarik serta indah untuk dilihat.

Poster yang menarik bisa menjadi hiasan yang menyenangkan dan menginspirasi. Dikarenakan selain dengan warna dan gambar memikat, isi yang tersirat di dalamnya pun bisa membuat kamu terinspirasi.

Langkah Membuat Poster

Dalam membuat suatu hal atau bentuk, maka langkah dari pembuatannya akan menentukan bentuk yang dihasilkan. Poster juga memiliki langkah – langkah penting agar menjadikannya terbuat dengan baik.

Dengan dihasilkan dalam bentuk yang terbaik, maka pesan yang diberikan pun akan tersampaikan dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuatnya.

1. Tentukan Tujuan dan Pesan yang Ingin Disampaikan

Sebelum membuat poster, tentukan terlebih dahulu tujuan poster dan pesan yang ingin disampaikan. Karena orang – orang akan lebih tertarik melihatnya jika maksud dari pembuatan tersampaikan dengan baik.

Tujuan dan pesan tersebut akan mempengaruhi desain dan isian yang akan dibuat. Sehingga menjadikan tujuan dan pesan adalah garis besar yang harus bisa kamu dapat sebelum memulai pembuatan.

2. Pilih Ukuran dan Format yang Tepat

Pilih ukuran dan format yang sesuai dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan. Tentunya jenis kanvas yang digunakan untuk membuatnya memiliki ukuran yang berbeda.

Ukuran dan format bisa disesuaikan dengan lokasi penempatan hasil karya kamu. Misalnya jika akan ditempel di dinding, maka perhatikan ukuran dan format yang bisa dibaca dengan jelas.

Jika kamu tidak memilih ukuran dan format yang tepat, maka pesan disana tidak dapat dilihat orang lain. Sehingga akan percuma dalam pembuatannya, karena kesulitan orang lain untuk melihat hasil karya kamu.

3. Kumpulkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Pada proses yang dilalui dalam membuatnya, kamu pasti membutuhkan alat serta bahan. Maka dari itu alat dan juga bahan haruslah telah tersedia sebelum proses ini kamu lakukan.

Kumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya seperti gambar, teks, logo dan lain-lain. Karena keindahan hasil buatan kamu akan bergantung kepada bahan dan alat pembentuknya.

Selain itu kamu harus bisa membayangkan bagaimana hasil yang akan kamu dapat. Sehingga kamu bisa pastikan bahan-bahan tersebut sesuai dengan tujuan dan pesan yang ada padanya.

4. Buat Desain dan Sesuaikan dengan Penyampaian Pesan

Untuk membuat desainnya, kamu bisa membuatnya melalui kecanggihan teknologi. Kamu bisa buat desain menggunakan software desain grafis seperti Adobe Illustrator atau CorelDRAW.

Buatlah desain yang menarik dan mudah dipahami, dengan tata letak yang rapi dan konsisten. Karena dari desain ini, komunikasi pesan dengan pembaca dapat diberikan.

Agar yang melihatnya tidak salah dalam mengartikan maksud dari hasil buatan kamu. Maka kamu harus bisa pastikan desain sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan tujuan pembuatan.

5. Tambahkan Teks dan Gambar

Desain dari Poster bisa kamu gunakan untuk memperjelas maksud dari pesan yang ingin diberi. Setelah itu kamu bisa tambahkan teks dan gambar ke dalam desain yang terlihat menarik dan penyampaian pesan pun baik.

Pastikan teks dan gambar tersebut relevan dengan pesan yang ingin disampaikan dan mudah dibaca serta dilihat. Teks dalam hasil buatan kamu tidak perlu panjang dan bertele – tele.

Cukup kata yang mewakilkan saja berada pada hasilnya. Sebagai contoh dalam tema menyelamatkan bumi, kamu bisa memasukkan kata “Save The World”.

6. Periksa Kembali Hasil

Periksa kembali poster yang telah dibuat untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan teks atau penggunaan gambar. Kamu bisa memposisikan diri sebagai orang lain yang akan melihat hasilnya.

Jika sudah enak dilihat dari dekat maupun jauh dan juga menarik perhatian kamu. Maka kamu bisa memastikan lagi hasil buatan kamu mudah dipahami dan menarik perhatian. Selain itu pastikan pesan dapat sampai pada orang lain kembali.

7. Mencetak Hasil Akhir Buatan Kamu

Setelah semua proses sebelumnya kamu selesaikan, maka kamu sudah dapat melakukan pencetakan. Agar hasil buatan kamu dapat dilihat secara fisik melalui hasil cetak yang terjadi.

Proses mencetak bisa menggunakan printer atau jasa cetak. Namun kami sarankan menggunakan jasa cetak, karena warna dan gambar di dalamnya akan dipastikan bagus.

Dengan begitu kualitas cetakan akan terjamin baik dan warnanya sesuai dengan desain sebelumnya. Jika akan ditempel di luar ruangan, gunakan bahan kertas yang tahan air dan tahan lama.

Elemen Wajib Dalam Poster

Elemen disini adalah faktor pembentuk dalam hasil karya satu ini yang wajib ada saat dibuat. Karena faktor ini akan mempengaruhi hasil penyampaian pesan dari pembuatnya pada orang lain.

Biasanya terdiri dari beberapa elemen penting yang dirancang untuk menarik perhatian orang dan memberikan pesan yang jelas dan efektif. Beberapa elemen umum yang dapat ditemukan di dalamnya.

1. Judul

Dalam membuat tema kamu bisa menjadikannya sebagai judul untuk mendukung berhasilnya pembuatan. Judul yang menarik akan membantu kamu menjadi menonjol di antara banyak poster lainnya.

Karena judul yang kamu pilih, akan menentukan konsep berfikir orang yang melihatnya sebelum melihat isinya. Dengan begitu judul harus mencerminkan garis besar dari pesan penulis dalam karyanya.

2. Gambar atau Ilustrasi

Setelah judul kamu pilih dan gunakan, maka tema pastinya sudah ditentukan. Untuk memperjelas tema serta judul, kamu harus bisa menjelaskannya melalui gambar yang mengisi bagian besar pada karya kamu.

Gambar atau ilustrasi yang menarik dapat menarik perhatian dan membantu mengkomunikasikan pesan secara visual. Maka gambar atau ilustrasi ini yang akan mengomunikasikan maksud dari karya buatan kamu.

3. Teks

Dalam bentuk kreatifitas satu ini, kamu harus bisa menyampaikan semua pesan yang terkandung melalui gambar. Tetapi kamu bisa memberikan sedikit teks yang mencerminkan semua maksud dari hasil akhirnya.

Pesan yang jelas dan singkat harus ditulis dengan teks yang mudah dibaca. Sehingga pembaca pun bisa mengerti dan menangkap pesan dari hasil karya kamu satu ini.

4. Logo atau Merek

Salah satu fungsinya adalah untuk menjadi sebuah media promosi bagi produk yang ingin kamu sebar luaskan. Untuk menyebarkan informasi mengenai produk buatan dan yang sedang kamu coba sebar luaskan.

Maka jika kamu mempromosikan merek atau produk, pastikan logo atau merek kamu ditampilkan dengan jelas. Agar pembaca menangkap ketertarikan serta ajakan kamu untuk membeli produk yang dipasarkan.

5. Call-To-Action

Penyampaian pesan dalam karya ini memang unsur terpenting pada hasil akhirnya. Sebuah hasil karya satu ini sebaiknya memiliki panggilan untuk tindakan yang jelas.

Maksud dari panggilan itu adalah mendorong orang untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar acara atau mengunjungi situs web. Karena tanpa adanya ajakan dalam pesan yang ingin disampaikan, maka hasil karya kamu akan percuma.

Selesai sudah bahasan tentang Poster kali ini. Dengan adanya artikel ini, kami berharap akan menambah pengetahuan kamu mengenainya dan membantu kamu membuatnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here