Wiki

Wiki

Portal Islam

Apr 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Cara Mengenalkan Diri dalam Bahasa Inggris yang Benar

Penting untuk bisa mengenalkan diri dalam bahasa Inggris dalam berbagai kesempatan. Pasalnya, perkenalan adalah pembuka untuk bisa bergabung dengan audiens, sehingga mereka bisa mengenal kamu dengan lebih baik.

Cara Mengenalkan Diri dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

1. Perkenalan diri dasar

Pada bagian ini, kamu akan mengetahui sebuah contoh cara mengenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Cara yang satu ini terbilang sangat dasar karena biasanya digunakan dalam situasi yang umum. Berikut adalah contohnya dalam bahasa Inggris dan terjemahannya.

“Hello, everyone. Let me introduce myself. My name is Karen. I am eighteen years old. I live in Orchard Road, number fifty five. My hobbies are singing and playing guitar. Nice to meet you and that’s all from what I can say. Thank you very much.”

Terjemahan:

Halo, semuanya. Izinkan saya mengenalkan diri saya. Nama saya adalah Karen. Usia saya adalah delapan belas tahun. Saya tinggal di Jalan Orchard, nomor empat puluh lima. Hobi saya adalah bernyanyi dan bermain gitar. Senang berjumpa dengan kalian dan itu saja yang bisa saya sampaikan. Terima kasih.

2. Mengenalkan diri sebagai murid baru

Kamu juga mungkin berada di posisi sebagai murid baru di kelas. Penting untuk bisa mengenalkan diri dalam bahasa Inggris karena biasanya kamu akan diminta untuk melakukan hal tersebut saat pelajaran bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh perkenalannya.

“Hi, everyone. I am Rizal. I came from West Sumatera before I moved here. I am thirteen years old. Before, I went to a private junior high school in Padang. Since I follow my parents moving their office, now I have to study in this city. I live in Bougenville Road now. I hope we can be good friends. Thank you very much.”

Terjemahan:

“Hai, semuanya. Saya adalah Rizal. Saya berasa dari Sumatera Barat sebelum saya pindah ke sini. Saya berusia 13 tahun. Sebelumnya, saya bersekolah di SMP swasta di Padang. Karena saya ikut orang tua saya pindah kerja, jadi saya harus bersekolah di kota ini. Saya tinggal di jalan Bougenville sekarang. Saya harap, saya bisa menjadi teman baik. Terima kasih banyak.”

3. Mengenalkan diri sebagai murid dan umum

Contoh yang satu ini adalah saat kamu menjadi seorang murid dan ingin mengenalkan diri dalam momen tertentu. Berikut ini adalah cara mengenalkan diri dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

“Hello, my friends. My name is Arlina and I am from 8th grade. Now, I am fourteen years old but I will be fifteen years old in a week. My hobby is cooking and my dream is going to be a great chef in the future. My parents are government employees. I love to study together with you all and I hope we can work together. Thank you.”

Terjemahan:

“Halo teman-teman. Nama saya Arlina dan saya berasal dari kelas 8. Sekarang saya berusia 14 tahun tetapi saya akan berusia 15 tahun minggu depan. Hobi saya memasak dan cita-cita saya menjadi koki. Orang tuaku adalah PNS. Saya senang belajar bersama kalian dan semoga kita bisa bekerja sama. Terima kasih.”

4. Mengenalkan diri sebagai seorang karyawan

Apabila kamu mendapatkan sebuah pekerjaan di tempat baru, maka penting sekali untuk bisa mengenalkan diri dengan baik. Cara mengenalkan diri dalam bahasa Inggris tidaklah sulit karena kamu hanya perlu menyebutkan latar belakang pekerjaan saja.

“Hi everyone. I am Anggara. I am a newcomer here and the company hires me as part of the marketing team. Previously, I also worked as a marketer in a private bank. Since my background aligns, I hope my work will give a great impact to this company. Thank you very much.”

Terjemahan:

“Hello semuanya, saya Anggara. Saya adalah pendatang baru di sini. Perusahaan mempekerjakan saya sebagai bagian dari tim marketing. Sebelumnya, saya juga bekerja sebagai seorang marketer di bank swasta. Karena latar belakang yang sesuai, saya harap kontribusi kerja saya akan memberi perubahan pada perusahaan ini. Terima kasih.

5. Mengenalkan diri sebelum presentasi

Presentasi adalah hal yang penting dilakukan dalam berbagai kegiatan akademik. Mengenalkan diri dalam bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan apabila audiens yang dihadapi adalah orang yang tidak menggunakan bahasa Indonesia. Contoh perkenalannya adalah sebagai berikut:

“Good morning, everybody. My name is Riani and I am from Jakarta State University. I am from the art department and I will deliver my journal about the history of Jakarta traditional dancing art. Let me deliver it well before we are going to the question and answer session.”

Terjemahan:

Selamat pagi, semuanya. Nama saya Riani dan saya dari Universitas Negeri Jakarta. Saya dari departemen seni dan saya akan memaparkan jurnal tentang sejarah dari seni tari tradisional Jakarta. Izinkan saya memaparkannya dengan baik sebelum ke sesi tanya jawab.

6. Perkenalan tentang hobi

Ada kalanya juga kamu mengenalkan diri dalam bahasa Inggris yang menyebutkan tentang hobi. Biasanya, tipe perkenalan ini digunakan saat kamu berada di sebuah komunitas. Contohnya:

Hello, my name is Rangga. I am twenty years old and my hobby is racing. I went to practice in Sentul Bogor and under the community of racing in the city. I love racing and the things that are related to it in my free time. Let’s have fun together.

Terjemahan:

Halo, nama saya Rangga. Usia saya dua puluh tahun dan hobi saya adalah balapan. Saya pergi latihan di Sentul Bogor dan di bawah komunitas balapan di kota ini. Saya senang balapan dan hal yang terkait dengan balapan di waktu senggang. Mari bersenang-senang bersama.

7. Perkenalan tentang keluarga

Mengenalkan diri dalam bahasa Inggris juga bisa meliputi perkenalan tentang keluarga. Biasanya, perkenalan ini dilakukan di depan keluarga lain dalam situasi yang resmi. Contohnya:

“Let me introduce myself and also my family. My name is Karen and I am twenty years old. I live on Orchard Road with my family. My family consists of some people, my mom, my dad, and a younger brother. Mom and dad are teachers, while my brother is an elementary student.

Terjemahan:

Izinkan saya mengenalkan diri saya dan juga keluarga saya. Nama saya adalah Karen dan saya berusia 20 tahun. Saya tinggal di Jalan Orchard dengan keluarga saya. Keluarga saya terdiri dari beberapa orang, ibuku, ayahku, dan adik lelaki. Ibu dan ayah adalah guru, sementara adikku adalah murid SD.

Nah, itu dia cara mengenalkan diri dalam bahasa Inggris yang perlu kamu kuasai untuk bisa membuka kesempatan dalam berbagai situasi atau acara. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kondisi kamu.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here