Pengertian Laporan Teks Percobaan

Pengertian Laporan Teks Percobaan

Smallest Font
Largest Font

Pengertian Teks Laporan Percobaan- Dalam melakukan sebuah penelitian yang benar tentunya harus mengikuti langkah dan petunjuk yang tepat agar semuanya sesuai dengan apa yang dikerjakan. Biasanya seseorang yang sudah selesai melakukan observasi dalam penelitan harus membuat teks laporan percobaan sebagai hasil penelitian yang telah dibuat.

Teks laporan percobaan dari judul dan mencakup dua bagian penting yang membentuk kerangka, yatu pernyatan umum dan uraian. Masing- masing bagian ini terdiri dari petikan- petikan serta penjelasan- penjelasan yang mendukung percobaan yang dilakukan.

Untuk itu agar mempermudah Kamu dalam memamhami apa itu teks laporan percobaan yangterpat sebagai ilmu tambahan maka pada pemabahasan kali ini Kami akan mencoba menguraikan strukutur teks laporan percobaan yang tepat. Selanjutnya pembahasan mengenai pengertian teks laporan percobaan dapat disimak di bawah ini!

Pengertian Laporan Teks Percobaan

Laporan merupakan salah satu bentuk hasil pengamatan dan berfungsi untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang hasil yang diperoleh. Berdasarkan pengertian tersebut, raport text adalah suatu bentuk tulisan yang menggambarkan fenomena hasil pengamatan kepada pembacanya.

Raport text (teks laporan) juga sering disebut sebgai teks klasifikasi. Karena dalam teksi ini benda- benda diklasifikasikan menurut kriteria tertentu. Teks ini hampir sama dengan teks deskriptif, tetapi berbeda gaya.

Teks laporan percobaan adalah teks yang menjelaskan tujuan, prosedur, dan hasil tes. Teks laporan percobaan adalah teks yang melaporkan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan tes biasanya digunkan untuk mlaporkan hasil tes, karya ilmiah atau laporan pratikum. Teks laporan hasil tes dimaksud untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil tes. Teks hasil bersifat umum atau universal.

Biasanya, orang atau kelompok yang melakukan eksperimen memiliki hasil atau hipotesis yang diklaim. Hipotesis inilah yang harus diuji dan dibuktikan dalam suatu eksperimen operasi.  Padahal, teks laporan percobaan tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Namun setelah di pelajari dengan seksama, perbedaan keduanya hanya pada proses percobaan yang dilakukan.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Struktur teks laporan penelitian dibagi menjadi dua bagian, yaitu pernyataan umum dan deskripsi. Perbedaanya adalah pernayatan umum melibatkan deskripsi umum atau klasifikasi subjek. Sementara itu, deskripsi memuat aspek- aspek laporan yang disusun menurut klasifikasi tertentu.

Secara umum, teks laporan pegujuan terdiri dari lima struktur. Sebelum menuju ke contoh laporan pengujian, harap perhatikan struktur laporan pengujian berupa deskripsi di bawah ini.

Tujuan

Pada bagian ini Kamu perlu memberikan latar belakang mengapa eksperimen ini perlu dilakukan

Bahan dan Alat

Tuliskan alay- alat yang digunakan selama percobaan. Bahan- bahan yang digunakan pada kenyataan ditulis sesuai dengan apa yang digunakan dalam percobaan.

Periode Percobaan

Sebutkan dan jelaskan secara rinci proses atau langkah sistematis yang Kamu lakukan dalam proses percobaan. Sampaikan juga langkah- langkah percobaan atau cara kerjanya dengan menggunakan klausa aktif, bukan kalimat perintah, sehingga menceritakan apa yang dilakukan selama percobaan.

Hasil Eksperimen

Bagian ini memungkinkan Kamu untuk menjelaskan hasil pengamatan menggunakan hasil percobaan. Jelaskan hasil tes secara rinci.

Kesimpulan

Terkahir, buat kesimpulan tentang hasil yang Kamu dapatkan dari semua proses percobaan yang Kamu lakukan. Kesimpulan adalah jawaban dari hipotesis yang diajukan.

Sementara berikut ini adalah struktur percobaan yang disusun dalam bentuk pernyataan umum:

Judul

Sebagai salah satu karya llmiah, teks laporan juga memiliki judul teks laporan tes umumnya menggambarkan jenis tes yang akan dibuat.

Pendahuluan

Pendahuluan struktue teks laporan percobaan selanjutnya adalah pendahuluan. Pendahuluan memiliki tiga unsur yaitu atar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan percobaan.

Bahan dan Alat

Tentunya dalam melakukan percobaan atau penelitian membutuhkan bahan dan alat.

Coba Langkah- langkah Prosesnya

Teks laporan percobaan harus menjelasakan secara jelas tahapan- tahapan kegiatan ujian. Dalam struktur teks ini, biasanya dijelaskan secara rinci langkah demi langkah.

Namun pada contoh teks laporan percobaan di atas, langkah- lankah kegiatan percobaan dituliskan dalam bentuk bullet point sederhana.

Kesimpulan

Struktur teks akhir laporan percobaan adalah kesimpulan. Kesimpulanya adalah deskripsi singkat dari selurug rangkaian tes.

Ciri- Ciri Teks Laporan Percobaan

Setekah memahami contoh- contoh dan mengetahui struktur teks laporan percobaan, langkah selanjutnya adalah memahami ciri- ciri teks laporan tes. Di bawah ini adalah beberapa ciri teks laporan hasil percobaan sebagai berikut:

  • Laporan hasil tes.
  • Eksperimen sains dilakukan untuk membuktikan sesuatu.
  • Teks laoran tes diawali dengan penjelasan tujuan tes.
  • Sebutkan bahan dan alat yang diperlukan untuk mrlakukan percobaan
  • Jelaskan prosedur untuk melakukan percobaan dan pengamata. Menyajikan hasil tes.
  • Di bagian akhir laporan, disajikan kesimpulan hasil eksperime berdadsarkan hasil analisis data observasi.
  • Harus mengandung fakta.
  • Bersikapklah objektif.
  • Harus megandung hal- hal yang membedakan, mengandung pransangka atau memihak.
  • Disajikan dengan cara yang menarik, dan sesuai dengan tata bahasa yang jelas, konten yang berat, dan organisasi yang logis.

Baca Juga: Contoh Teks Prosedur.

Tujuan dari Teks Laporan Percobaan

Teks Laporan percobaan ini berjuan untuk memahami materi berdasarkan ujian tertulis. Eksperimen dilakuan dengan menggunakan observasi untuk mengidentifikasikan hubungan sebab akibat antar gejala.

Isi teks laporan percobaan dengan demikian dimulai dengan uraian tentang tujua, prosedur, dan pngujian yang dilakukan secara sistematis.

Bagaiman Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

Setelah menyelesaikan sebuah observasi, Kamu tentu saja harus mencatat hasilnya dalam teks laporan teks percobaan. Jadi bagaimaa cara membuatnya? Simak penjelasanya di bawah ini:

Membuat Outline Berdasarkan Struktur Teks Laporan Percobaan

Pertama buat outline sesuai dengan struktur teks laporan percobaan. Dimulai dari tujuan percobaan, alat dan bahan yang digunakan selama percobaan, serta langkah-langkah dari awal sampai akhir percobaan.

Kemudian tuliskan hasil tes dalam bentuk tabel, grafik, grafik atau gambar untuk memudahkan pembaca melihat hasilnya. Setelah itu, tuliskan hasil akhir dari tes tersebut.

Mari Kembangkan Kerangka Acuan Menjadi Sebuah Teks Lengkap

Setelah kamu membuat garis besar, Kamu perlu menge,bangkan menjadi teks lengkap. Ingatkah utuk mmperhatikan aturan bahasa yang digunakan, agar hasil teks laporan percobaan mudah dipahami.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Judul:

Membuat Pelangi di pesta kaca.

Tujuan:

Mengetahui proses pelangi dengan alat sederhana.

Alat dan Bahan yang digunakan:

  • Cukup air.
  • Kaca.
  • Guntung.
  • Gelas (ukuran yang pas di gelas).
  • Lentera.

Fase Uji Coba

  • Tuangkan air ke dalam gelas kaca lalu letakkan gelas tersebut di atas meja.
  • Tempatkan gelas di gelas secara diagonal atau diagonal.
  • Menggelapkan ruangan dengan mematikan lampu, menutup gorden, dll.
  • Nyalakan senter lalu arahkan senter ke kaca di dalam kaca. Lihatlah pelangi yang terlihat dari sudut kaca.
  • Sesuaikan sudut kaca untuk hasil yang berbeda.

Hasil Tes:

Jika senter dinyalakan lalu diarahkan ke gelas di dalam gelas yang berisi air, akan muncul pelangi dari sudut gelas. Hal ini bisa terjadi karena cahaya dari senter dibiaskan oleh air di dalam gelas.

Karena cahaya memiliki sifat gelombang, yaitu cahaya merambat lurus kemudian dapat dibiaskan. Jadi, senter juga bisa digunakan untuk membuat pelangi asalkan ada lingkungan yang bisa membengkokkannya.

Kesimpulan:

Dari percobaan membuat pelangi pada kaca dapat disimpulkan bahwa pelangi dapat timbul karena pembiasan. Cahaya yang masuk dan keluar secara langsung dibelokkan oleh air sehingga sinar pelangi tercipta melintasi permukaan kaca.

Sekian pembahasan singkat mengenai pengertian teks laporan percobaan.
Memahami teks laporan percobaan menjadikan Kamu lebih memahami penelitian melalu teks laporan percobaan dan memudahkan dalam membuatnya.
Semoga membantu dan bermanfaat.

 

 

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat