Wiki

Wiki

Portal Islam

Apr 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Penjelasan Mengenai Iklan Lowongan Pekerjaan yang Baik dan Benar

Iklan Lowongan Pekerjaan ini akan membantu kamu dalam menemukan kandidat pelamar yang sesuai dengan kualifikasi. Pasalnya dalam Iklan Lowongan Pekerjaan pastinya tertera banyak informasi mengenai posisi yang dibutuhkan.

Tersedia banyak sekali Iklan Lowongan Pekerjaan yang tersebar diluar sana. Mulai dari berbagai macam posisi dengan berbagai macam konten dan isi yang berbeda-beda.

Lantas bagaimana sebenarnya contoh yang baik dalam mengiklankan lowongan pekerjaan dan apa saja yang harus ditampilkan? Simak berikut ini untuk informasi selengkapnya mengenai Iklan Lowongan Pekerjaan.

Apa Itu Iklan Lowongan Pekerjaan

Iklan Lowongan Pekerjaan ini memiliki fungsi untuk mencari kandidat karyawan atau pegawai baru untuk posisi yang kosong. Posisi ini biasanya kosong karena karyawan lama yang mengundurkan diri atau karena habis masa kerja dan kontraknya.

Lalu setelah itu, perusahaan tersebut tentunya membutuhkan karyawan pengganti yang harus mengisi posisi kosong itu. Karena sangat tidak dimungkinkan jika posisi tersebut harus kosong tanpa ada yang mengisinya.

Bisa dikatakan bahwa sebenarnya tujuan utama dari Iklan Lowongan Pekerjaan dibuat adalah hal diatas. Kalau bukan untuk mencari kandidat baru, tidak ada yang dapat menjadi tujuan lebih baik selain itu.

Namun perlu kamu ketahui bahwa di zaman sekarang, banyak Iklan Lowongan Pekerjaan palsu yang bertujuan untuk menipu. Jadi pastikan kamu melihat dan dapat membandingkan Iklan Lowongan Pekerjaan yang benar dan tidak.

Agar nantinya kamu tidak terperangkap dan masuk ke dalam tipuan mereka. Sudah banyak sekali tempat-tempat yang mengatasnamakan perusahaan terkenal dan sukses dalam iklannya untuk menipu.

Tak sedikit juga dari masyarakat Indonesia yang terkena tipuan mereka untuk melamar di tempat tersebut. Dengan tawaran paling menguntungkan tetapi meminta sejumlah uang di awal untuk dp dan jaminan.

Itulah mengapa pentingnya wawasan dan informasi yang perlu kamu ketahui untuk membedakan benar dan tidak. Karena dengan wawasan ini, kamu akan sangat terbantu untuk dapat memilih dengan benar tempat yang ingin dilamar.

Lalu sebenarnya bagaimana Iklan Lowongan Pekerjaan yang baik dan benar-benar asli dari perusahaannya? Secara garis besar, seharusnya sangat mudah untuk dibedakan.

Yaitu mulai melihat dari tempat yang ditampilkan pada iklan tersebut. Benarkah alamat itu adalah alamat asli dari perusahaan yang juga ditampilkan pada iklannya?

Jika berbeda, maka keaslian dari iklan tersebut wajib dipertanyakan. Dengan harapan kamu jangan ikut melamar disana dan tidak terbodohi oleh orang-orang yang ingin menipu.

Bagaimana Iklan Lowongan Pekerjaan yang Baik?

Sebagai seorang recruiter, sangat diperlukan informasi detail yang wajib diketahui sebelum membuat Iklan Lowongan Pekerjaan. Agar nantinya kamu tidak membuat Iklan Lowongan Pekerjaan yang membingungkan bagi para pelamar.

Kelengkapan konten dalam iklan ini juga sangat penting demi mendapatkan kandidat pelamar yang sesuai dengan kualifikasi. Terlebih jika posisi yang dibutuhkan adalah posisi yang cukup berpengaruh dan tidak bisa sembarangan.

Kamu perlu membuat Iklan Lowongan Pekerjaan dengan selengkap mungkin. Memuat berbagai informasi mulai dari posisi, job desk, hingga kelengkapan lainnya.

Dengan lengkapnya isi dalam lowongan pekerjaan yang kamu iklankan, akan sangat membantu kamu. Sehingga para pelamar yang membacanya merasa jelas dengan tujuan iklan tersebut dan paham mengenai maksudnya.

Juga tidak lagi bingung karena ketidakselarasan informasi job desk dengan posisi yang dibutuhkan. Kekurangan yang paling sering terjadi dalam membuat iklan ini adalah tidak berkaitan antara kedua hal tersebut.

Yang dibutuhkan adalah posisi A, namun tugas yang harus dikerjakan adalah B, C, D, bukan A. Kesalahan seperti ini sangat sering kali ditemukan pada lowongan-lowongan pekerjaan, bahkan pada perusahaan besar sekalipun.

Lantas apa dampaknya dari kesalahan tersebut? Kandidat yang ingin melamar merasa terkecoh dan bingung sehingga akhirnya memilih untuk tidak meng apply job tersebut.

Sebab pada pikiran seorang kandidat, ketidaksamaan tersebut akan dianggap seperti memanfaatkan. Dimana pekerjaan tidak seharusnya dikerjakan oleh posisi tersebut, harus dilakukan juga pada posisi itu.

Itulah mengapa penting sekali memuat dan menampilkan isi informasi pada iklan sedetail mungkin dan selengkap mungkin. Bukan hanya untuk kandidat saja, tetapi juga untuk para recruiter yang juga membutuhkan kandidat baru untuk mengisi posisi yang kosong.

Berikut ini adalah beberapa informasi dan konten yang harus dimuat sebagai Iklan Lowongan Pekerjaan yang baik. Secara lengkap sampai para pelamar yakin dan melakukan apply pada perusahaan kamu.

1. Tuliskan Dengan Jelas Posisi yang Ingin Dilamar

Informasi pertama yang sangat wajib dan tidak boleh tertinggal adalah posisi pekerjaan. Posisi ini adalah posisi yang kosong dan ingin mencari kandidat baru untuk mengisinya. Selain itu, penting juga menempatkan posisi yang ingin dilamar pada posis paling tengah iklan. Tujuannya adalah untuk meng-highlight posisi yang memang sedang ingin dicari.

Sebab hal pertama yang akan dilihat oleh para pelamar adalah posisi apa yang sedang dicari. Karena dari posisi itulah kamu akan mendapatkan bayangan terhadap jobdesknya walaupun belum membaca semua isi iklan tersebut.

Penting juga untuk menampilkan posisi ini lebih besar dibanding dengan informasi-informasi lainnya. Tujuannya masih sama yaitu agar para pelamar tetap ingat akan posisi yang kosong dengan ketrtarikannya terhadap informasi lain.

Untuk contoh, perusahaan A sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi Operator Produksi. Akan lebih baik jika dituliskan seperti ini “OPERATOR PRODUKSI”. Akan lebih mudah dipahami bukan?

2. Job Desk Pekerjaan

Setelah menuliskan posisi yang ingin dilamar, selanjutnya adalah menjelaskan job desk apa yang akan menjadi tanggung jawab posisi tersebut. Cukup jelaskan dalam bentuk poin dan langsung pada intinya.

Supaya nanti isi dalam Iklan Lowongan Pekerjaan tidak penuh dan banyak tulisan. Seperti yang kamu ketahui, semakin banyak tulisan, orang-orang akan semakin malas untuk membacanya.

Jadi buatlah sesingkat dan to the point terkait pekerjaan apa yang harus dikerjakan. Informasi ini juga berguna untuk para pelamar lebih mengenal posisi apa yang sedang dicari oleh para recruiter.

Pastinya akan banyak iklan-iklan yang menampilkan posisi yang masih asing terdengar di telinga. Job desk inilah yang akan membantu kamu untuk dapat mengetahui lebih detail mengenai posisi tersebut.

Selebihnya, secara inisiatif kamu bisa mencari lebih dalam lagi terhadap posisi tersebut. Recruiter pun secara umumnya sering kali menanyakan kembali apa job desk yang diketahui mengenai posisi yang diiklankan.

Bukan hanya itu, penting juga untuk membuatnya tidak bertolak belakang dengan posisi yang dilamar. Seperti yang sudah dikatakan diawal tadi bahwa hal ini dapat mengurangi minat kandidat dalam melamar.

Kamu sebagai recruiter, yang mana pastinya sudah lebih mengetahui posisi yang ingin dilamar harus memberikan informasi se relate mungkin. Usahakan untuk tidak membingungkan pelamar yang tertarik pada posisi tersebut.

Bukan hanya itu, jika diperlukan, kamu juga bisa memasukkan alur kerja dari posisi tersebut. Namun biasanya, alur kerja ini jarang ditampilkan pada iklan-iklan yang tersebar di luaran sana.

3. Syarat Dan Kualifikasi

Untuk melamar sebuah posisi dalam suatu perusahaan, tentunya memiliki syarat bukan? Tidak mungkin kamu langsung diterima begitu saja tanpa persyaratan dokumen apapun. Terlebih pada perusahaan-perusahaan besar yang mana membutuhkan lebih banyak dokumen sebagai pembukuan mereka. Karena memang jangkauan karyawan yang dimiliki bukan hanya seratus atau dua ratus saja.

Sebagai pelamar, kamu juga wajib melamar pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi kamu, kenapa begitu? Karena jika tidak sesuai, hanya akan memudahkan kamu di awalnya saja, tetapi akan sulit kedepannya.

Dalam progress recruitment, ada tahap yang namanya tahap interview. Kalau kamu mengaku bisa melakukan job desk posisi tersebut saat interview, namun tidak bisa melakukannya di lapangan, apa yang akan terjadi? Bukan hanya penilaian dari atasan saja yang akan berkurang. Tetapi juga keanehan dari karyawan-karyawan lain yang bertanya-tanya mengapa kamu bisa sampai diterima di perusahaan itu.

Itulah salah satu tujuan kenapa sangat diharuskan untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi. Kalau kamu memang penyuka tantangan di luar zona nyaman, maka silahkan lakukan. Namun jangan coba-coba untuk kamu yang belum siap terhadap tekanan yang akan didapat. Cobalah perlahan mulai dari yang mudah ditangani terlebih dahulu, jadikanlah pengalaman untuk meloncat lebih tinggi.

Sebagai seorang pelamar juga wajib mewaspadai kualifikasi yang lagi-lagi tidak sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Menghindari adanya penipuan dari iklan yang ditayangkan.

4. Informasi Detail Pekerjaan

Apa saja yang termasuk ke dalam informasi-informasi detail dari pekerjaan ini? Yaitu seperti bagaimana tingkat pekerjaan yang dibutuhkan. Untuk kamu yang sudah lulus dan memang berniat mencari pekerjaan penuh, maka harus mengambil pekerjaan full time. Namun jika untuk menambah uang jajan dan mengisi waktu luang, maka apply pekerjaan freelance.

Selain itu, alamat perusahaan dan lokasi penempatan juga wajib ditampilkan pada iklan. Sebab ada beberapa perusahaan yang alamat perusahaan dengan lokasi penempatan kerjanya berbeda. Maka pastikan kembali untuk menampilkan informasi tersebut dengan jelas jika memang adanya perbedaan. Sebagai pelamar kamu juga harus mencari tahu lokasi yang akan kamu tempati.

Yang paling sering kamu temukan adalah paruh waktu atau part time, full time atau pekerja penuh dan freelance. Ketiga tingkat itu akan sangat baik jika dapat kamu temukan dalam Iklan Lowongan Pekerjaan.

Karena dengan begitu, kamu dapat mengetahui jam kerja dari posisi yang sedang dibutuhkan. Bagi yang masih kuliah dan sekolah, akan cocok dengan pekerjaan paruh waktu. Karena waktunya yang tidak penuh dan hanya setengah dari waktu full.

Untuk kamu yang sudah lulus dan memang berniat mencari pekerjaan penuh, maka harus mengambil pekerjaan full time. Namun jika untuk menambah uang jajan dan mengisi waktu luang, maka apply pekerjaan freelance.

Selain itu, alamat perusahaan dan lokasi penempatan juga wajib ditampilkan pada iklan. Sebab ada beberapa perusahaan yang alamat perusahaan dengan lokasi penempatan kerjanya berbeda. Maka pastikan kembali untuk menampilkan informasi tersebut dengan jelas jika memang adanya perbedaan. Sebagai pelamar kamu juga harus mencari tahu lokasi yang akan kamu tempati.

5. Kebutuhan Pekerjaan dan Pengalaman

Kebutuhan pengalaman yang dimaksudkan adalah jenis kelamin. Karena terdapat beberapa posisi pekerjaan yang hanya dapat diisi oleh salah satu saja, yaitu laki-laki atau perempuan.

Oleh karena itu kamu sebagai recruiter, penting mencantumkan kebutuhan yang ingin dicari. Kembali lagi tujuannya agar tidak membingungkan para pelamar.

Selain itu, pengalaman yang dibutuhkan juga penting ditampilkan jika memang sangat perlu. Jika memang pada posisi yang ingin dilamar ini membutuhkan pengalaman untuk dapat mengisinya, maka tulis saja dengan jelas.

Karena banyak perusahaan-perusahaan yang mempersilahkan Fresh Graduate atau tanpa pengalaman untuk melamar. Namun kenyataannya saat interview tertolak karena tidak ada pengalaman apapun.

6. Batas Waktu dan Bagaimana Cara Melamarnya

Penting juga untuk menuliskan sampai tanggal berapakah lowongan tersebut dibuka. Ini akan menjadi Iklan Lowongan Pekerjaan yang baik karena menyampaikan tenggat waktunya. Agar para pelamar yang baru ingin melamar dapat mengetahui apakah masih bisa untuk di apply atau tidak. Atau apakah posisi tersebut sudah terisi atau tidak.

Menurut dari beberapa contoh Iklan Lowongan Pekerjaan yang sudah saya temui sejauh ini. Sangat jarang iklan yang menuliskan mengenai gaji yang akan didapat. Karena gaji ini bukanlah sesuatu informasi yang harus disampaikan dalam iklan lowongan. Sebab jika kamu lolos pada tahap tahap selanjutnya, maka gaji ini akan dibahas secara langsung oleh pihak recruiter.

Yang mana kamu dapat menanyakannya lebih detail dan nyaman karena membicarakannya face to face. Jadi gaji ini tidak termasuk kedalam informasi wajib, namun ditampilkan pun akan lebih baik. Tampilkan juga bagaimana cara untuk melamar posisi tersebut pada iklan. Apakah secara online melalui e-mail atau website, atau secara langsung dengan datang ke pabrik/kantor.

Demikian informasi mengenai bagaimana Iklan Lowongan Pekerjaan yang baik dan benar berikut informasi yang dimuatnya. Semoga bermanfaat dan selamat sukses untuk para pejuang kerja.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here