Gerhana Matahari 2023 Beserta Pembagian Waktu & Lokasinya

Gerhana Matahari 2023 Beserta Pembagian Waktu & Lokasinya

Smallest Font
Largest Font

Di bulan Ramadhan 2023 ini akan ada beberapa fenomena alam yang terjadi. Salah satunya adalah gerhana Matahari 2023. Lantas kapan terjadinya gerhana Matahari 2023 di Indonesia?

Fenomena alam yang akan terjadi dalam waktu dekat adalah gerhana Matahari hibrida. Gerhana Matahari hibrida ini akan terjadi pada tanggal 20 April 2023. Fenomena ala mini telah dibahas di dalam cara ‘Eureka! Edisi 12: Puasa Ekuinoks’.

Acara tersebut digelar bersama Pakar astronomi dari BRIN atau Badan Riset dan Inovasi Nasional yakni Andi Pangerang Hasanuddin. Dalam penjelasannya, Andi menyebut bahwa terdapat fenomena gerhana Matahari hibrida di akhir Ramadhan 2023.

Ia menyebut bahwa gerhana Matahari hibrida adalah kombinasi antara gerhana Matahari total dan gerhana Matahari cincin, yang berada di satu jalur yang sama. Andi menyebut jika gerhana Matahari sebagian akan terlihat awal di Yogyakarta. Dan Medan menjadi ibukota terakhir yang mengakhir fenomena tersebut.

Dan Jayapura menjadi ibukota yang paling akhir mengalami fenomena gerhana Matahari sebagian. Dan ternyata tak semua wilayah dapat melihat fenomena gerhana Matahari 2023. Ada lima kabupaten/kota di Naggroe Aceh Darussalam yang tak mengalami fenomena ala mini.

Di antaranya adalah Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Aceh Jaya. Simak ulasan mengenai waktu, lokasi terbaik melihat gerhana Matahari 2023, dan cara mengamati gerhana Matahari.

Namun sebelumnya, kami akan memberikan sekilas penjelasan mengenai apa itu gerhana Matahari hibrida.

Sekilas Tentang Gerhana Matahari Hibrida 2023 Indonesia

Dilansir dari BMKG, pengertian Gerhana Matahari Hibrida adalah fenomena gerhana Matahari yang terjadi saat Bulan, Matahari, dan Bumi berada tepat segaris. Di tempat tertentu menyebabkan terjadinya peristiwa piringan Bulan yang dapat diamati dari Bumi, lebih kecil dari piringan Matahari.

Dan tempat tertentu yang lain akan mengalami peristiwa piringan Bulan yang diamati dari Bumi, ukurannya sama dengan piringan Matahari. Oleh karena itu, ketika puncak gerhana di tempat tertentu, Matahari akan terlihat seperti cincin.

Cincin tersebut terlihat gelap di bagian tengahnya dan bagian piringnya nampak terang. Sementara di tempat tertentu lain, Matahari Nampak seakan-akan tertutupi oleh Bulan.

Waktu dan Lokasi Gerhana Matahari Total 2023

Andi Pangerang menyebutkan jika Indonesia hanya dilalui oleh jalur gerhana Matahari total saja. Ia menyebut jika yanga akan mengalami gerhana Matahari cincin adalah Samudera Hindia dan Saudera Pasifik.

Khusus untuk fenomena gerhana Matahari total, puncak gerhananya bisa disaksikan dilokasi dan waktu berikut ini.

Papua Barat

Ada empat wilayah di Papua Barat yang akan mengalami gerhana Matahari total, berikut di antaranya:

  • Lokasinya di Kepulauan Antalisa, bisa diamati pada pukul 13.45.14 WIT selama 1 menit 11 detik
  • Lokasinya di Randepandai, bisa diamati pada pukul 13.50.32 WIT selama 1 menit 1 detik
  • Lokasinya di Roswar, bisa diamati pada pukul 13.51.45 WIT selama 57 detik
  • Lokasinya di Pulau Num, bisa diamati pada pukul 13.54.45 WIT selama 1 menit 5 detik

Maluku

Ada empat wilayah di Maluku yang akan mengalami gerhana Matahari total, berikut di antaranya:

  • Lokasinya di Pulau Kisar, bisa diamati pada pukul 13.23.09 WIT selama 1 menit 10 detik
  • Lokasinya di Pulau Maopora, bisa diamati pada pukul 13.25.05 WIT selama 59 detik
  • Lokasinya di Pulau Damar, bisa diamati pada pukul 13.28.25 WIT selama 1 menit 24 detik
  • Lokasinya di Pulau Watubela, bisa diamati pada pukul 13.40.49 WIT selama 1 menit 5 detik

Papua

Ada tiga wilayah di Papua yang akan mengalami gerhana Matahari total, berikut di antaranya:

  • Lokasinya di Wooi, bisa diamati pada pukul 13.55.08 WIT selama 1 menit 11 detik
  • Lokasinya di Serui, bisa diamati pada pukul 13.55.08 WIT selama 1 menit 11 detik
  • Lokasinya di Biak Kota, bisa diamati pada pukul 13.57.18 WIT selama 1 menit 5 detik

Waktu dan Lokasi Gerhana Matahari Sebagian 2023

Hampir diseluruh kota besar Indonesia bisa menyaksikan gerhana Matahari sebagian di tanggal 20 April 2023. Tiap wilayah akan merasakan fenomena gerhana Matahari sebagian dan waktunya yang berbeda-beda. Berikut adalah sejumlah waktu dan lokasi gerhata Matahari sebagian 2023:

Lokasinya di Jakarta, bisa diamati pada pukul 09.29.23 WIB selama 2 jam 37 menit. Puncak gerhana matahari Sebagian akan terjadi pukul 10.45.25 WIB dan akan berakhir pada pukul 12.06.39 WIB.

Lokasinya di Yogyakarta, bisa diamati pada pukul 09.26.41 WIB dan berakhir pada 12.16.17 WIB yang berlangsung selama 2 jam 50 menit. Dan puncaknya terjadi pada pukul 10.48.46 WIB.

Lokasinya di Jayapura akan menjadi kota terakhir yang memulai dan mengakhiri gerhana Mantahari sebagian. Fenomena ini bisa diamati pada pukul 12.29.42 WIT selama 3 jam 1 menit. Puncaknya yakni pada pukul 14.04.57 WIT dan berakhir pada 15.30.54 WIT.

Dan ternyata tak semua wilayah dapat melihat fenomena gerhana Matahari 2023. Ada lima kabupaten/kota di Naggroe Aceh Darussalam yang tak mengalami fenomena ala mini.

Di antaranya adalah Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Aceh Jaya. Simak ulasan mengenai waktu, lokasi terbaik melihat gerhana Matahari 2023, dan cara mengamati gerhana Matahari.

Cara untuk Mengamati Gerhana Matahari Indonesia

Andi mengungkapkan ada dua cara untuk mengamati gerhana Matahari di Indonesia yakni rangkaian gerhana Matahari hibrida. Dua cara yang diberikan di antaranya:

Menggunakan alat bantu kacamata gerhana dan teleskop. Untuk teleskop, harus dilapisi terlebih dahulu dengan filter Matahari yakni minimal ND4. Dan kacamata paling tidak dilapisi dengan filter ND5.
Bisa menggunakan alat sedehana tanpa alat bantu optic. Yakni dengan cara membuat kamerapinhole cameraatau lubang jarum memakai kardus bekas yang telah dilubangi. Lalu ditutup memakai alumunium foil yang sedikit dilubangi.

Demikian penjelasan mengenai waktu dan lokasi gerhana Matahari 2023 di Indonesia. Gerhana Matahari Indonesia 2023 jatuh pada tanggal 20 April 2023. Semoga membantu!

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow