Wiki

Wiki

Portal Islam

Apr 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Contoh Surat Pengunduran Diri dan Penjelasannya

Jika kita ingin melakukan pengunduran diri dari sebuah pekerjaan apapun kita harus menyiapkan beberapa hal yang wajib kita lakukan. Sama seperti surat resign yang ingin kita buat hal itupun harus dilakukan dengan cara yang baik dan sopan agar kita tidak meninggalkan kesan buruk dan tidak profesional.

Akan tetapi apakah kamu sudah tahu bagaimana contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan? Jika belum tahu sebaiknya kamu perhatikan artikel dibawah ini karena kami akan membahas tuntas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Resign. Yuk simak dibawah ini!

Sebelum Melakukan Resign, Perhatikan Hal-Hal Ini

Banyak dari mereka yang sangat ingin melakukan pengunduran diri namun banyak juga yang masih bingung bagaimana cara resign yang baik dan sopan? Nah, sebelum kita membahas itu ada baiknya kita perhatikan hal-hal sebelum kita melakukan Resign. Berikut jawabannya.

1. Alasan Mengundurkan Diri

Hal ini harus sangat kita perhatikan jika kita ingin mengudurkan diri atau melakukan resign. Pastikan jika kamu ingin membuat surat tersebut persiapkan alasan yang jelas dan masuk akal. Contohnya kamu bisa menggunakan alasan ingin memperluas karir yang lebih baik, ketidak cocokan dalam bekerja ataupun lingkungan teman kerja yang tidak sehat.

Resign dalam sebuah pekerjaan adalah hal yang sensitif jika ingin dilakukan maka kamu harus perhatikan alasan yang tepat seperti yang sudah dijelaskan. Jadi jangan sampai emosi yang tidak stabil mempengaruhi kamu untuk mengambil keputusan tersebut.

2. Persiapan Finansial

Hal yang berikutnya adalah persiapan finansial. Hal ini sangatlah penting jika kita ingin melakukan resign dan pastikan kamu sudah menyiapakan dana untuk menopang biaya setelah resign beberapa bulan kedepannya. Dan pastikan kamu sudah menyiapkan rencana untuk mencari pekerjaan lain yang lebih nyaman dan hal itu tidak akan membuat kamu kesulitan lagi.

3. Peraturan Perusahaan

Di setiap perusahaan pastinya mereka memiliki peraturan masing- masing yang diberikan sebelum karyawan nya melakukan resign. Hal itupun sangat penting jika kamu ingin melakukan pengundururan diri. Contohnya seperti penyelesaian tugas dan kewajiban, dan pengambilan aset perusahaan.

Jadi peraturan itu harus kamu patuhi dan jalanin karena supaya kamu tidak menimbulkan masalah nantinya. Eits bukan hanya itu saja loh peraturan nya masih ada beberapa peraturan yang harus kamu ikuti.

4. Rencana Karir

Hal berikutnya adalah rencana karir hal ini sangatlah penting karena jika kamu ingin melakukan pengunduran diri kamu harus persiapakan akan lanjut pekerjaan selanjutnya jadi buatlah gambaran pekerjaan yang ingin kamu lamar. Jadi jangan sampai kamu tidak menyiapkan hal ini guna untuk produktif di masa depan.

5. Komunikasi Dengan Atasan

Komunikasi dengan atasan pun harus kamu lakukan agar tidak ada kejutan untuk perusahaan kamu. Dengan kamu melakukan ini kamu akan diberitahu secara resmi tentang keputusan resign itu. Jadi dengan melakukan itu kamu akan dianggap memiliki citra positif yang menjaga hubungan baik dengan karyawan lainnya.

6. Selesaikan Tugas dan Kewajiban

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah selesaikan tugas dan kewajiban terlebih dahulu karena hal ini sangat lah penting untuk perusahan. Jika tidak, kamu bisa saja di cap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu, kamu pun harus melakukan handover kepada karyawan yang nantinya akan menggantikanmu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan dan pertimbangkan jika ingin melakukan resign. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya. Simak artikel selanjutnya mengenai Surat Pengunduran Diri Karyawan.

Format Surat Pengunduran Diri Karyawan

Jadi jika kamu belum pernah untuk membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan kamu bisa simak artikel dibawah ini. Karena untuk membuat surat pengunduran diri ada hal wajib yang harus kamu perhatikan agar surat tersebut mudah dipahami dan terlihat sopan. Berikut isi nya.

1. Kepala Surat

Bagian yang paling atas adalah kepala surat hal ini bisa kamu lakukan dengan berisikan tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut, nama penerima dan juga alamat yang dituju atau perusahaan tersebut.

2. Isi Surat

Hal ini sangat penting dan jangan sampai kamu lewatkan. Lalu apa saja isi surat yang baik dan sopan? Berikut jawabannya.

  • Data Diri

Hal ini sangat penting kalian bisa tulis data diri kalian denga lengkap dan isi sesuai jabatan disaat kalian bekerja

  • Tujuan membuat surat resign

Kedua, kamu harus perhatikan tujuan untuk resign dan berikan alasan yang masuk akal. Contohnya kamu bisa mengggunakan alasan ingin memperluas karir yang lebih baik, ketidak cocokan dalam bekerja ataupun lingkungan teman kerja yang tidak sehat

  • Apresiasi terhadap perusahaan selama kerja

Ketiga, kamu bisa berikan apresiasi terhadap perusahaan selama kamu bekerja hal ini bisa membuat kamu di cap memiliki citra baik sehingga kamu bisa menjalin hubungan baik antar perusahaan.

  • Ucapan Permohonan maaf

Lalu kamu bisa tulis ucapan permohonan maaf hal ini supaya surat pengunduran diri kamu dianggap sopan dan dengan itu kamu akan lebih disetujui untuk resign.

  • Harapan kepada perusahaan

Setelah itu kamu bisa tulis harapan apa saja kepada perushaan. Contohnya kamu bisa tulis harapan agar perushaan tersebut lebih maju dan lebih sukses.

3. Penutup

Untuk bagian penutup kamu bisa tulis ucapan terimaka kasih serta bisa kamu lengkapi dengan nama dan tanda tangan yang membuat surat tersebut. Pastikan tulisan kamu bisa dibaca ya guys.

Itulah pembahasan kami tentang Surat Pengunduran Diri Karyawan. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here