Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Berbagai Keperluan

Smallest Font
Largest Font

Contoh surat keterangan kerja yang baik adalah disusun dengan struktur yang tepat. Contoh surat keterangan kerja memiliki berbagai macam fungsi mulai dari melamar pekerjaan atau mengajukan beasiswa. Tentunya ada beberapa tata cara agar bisa menuliskan contoh surat keterangan ini dengan baik.

Agar bisa meningkatkan karir atau pendidikan, kita perlu mencoba berbagai hal. Termasuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, baik secara gratis atau beasiswa. Bagi orang yang menginginkan karir tertentu dan mencoba lingkungan baru, melamar di perusahaan baru merupakan salah satu pilihan untuk bisa berkembang.

Sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan dan mendapatkan beasiswa, Contoh surat keterangan kerja adalah berkas yang sangat penting. Untuk itu, di artikel ini kami akan membahas tuntas surat keterangan ini dan contoh-contohnya.

Penjelasan Tentang Surat Keterangan Kerja

Bagi kamu yang saat ini sedang ingin meningkatkan karir dan pendidikan, Contoh surat keterangan kerja merupakan berkas yang sangat penting. Dengan berkas ini, kamu bisa menambah nilai plus karena di dalamnya terdapat rekomendasi dari tempat kerja yang menyatakan bagaimana kinerjamu.

Surat ini juga menjadi bukti bahwa kamu saat ini sedang bekerja di sebuah perusahaan dan sedang ingin mendapatkan beasiswa yang bisa mendukung karirmu. Selain sertifikat keterampilan, Contoh surat keterangan kerja merupakan bekas yang bisa membuktikan bahwa kamu memang benar-benar memiliki keterampilan dan posisi di bidang tersebut.

Pada dasarnya, seorang kandidat calon karyawan atau penerima beasiswa tidak perlu membuat surat keterangan pekerjaan sendiri. Karena surat keterangan ini harus dituliskan oleh HRD tempat kamu sedang bekerja atau pernah bekerja. HRD akan menuliskan keterangan bahwa kamu pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana kinerja kamu selama kamu menjabat sebagai karyawan.

HRD juga akan menuliskan posisi kamu sehingga sekaligus bisa menjelaskan kamu memiliki skill di bidang apa. Jika HRD sudah menyerahkan surat keterangan kepadamu. Selanjutnya kamu perlu menyerahkan surat keterangan ini kepada lembaga atau perusahaan di mana kamu ingin melamar atau mendapatkan beasiswa.

Surat keterangan pekerjaan memiliki format yang sangat simpel. Namun kamu perlu tahu bahwa surat ini haruslah dibuat oleh pihak HRD. Karena surat keterangan yang baik adalah surat yang memiliki pengesahan atau stempel perusahaan yang bersangkutan.

Dengan demikian, HRD di tempat kamu melamar pekerjaan akan menjadi lebih yakin karena adanya surat ini. Kamu juga memiliki peluang lebih untuk bisa menerima beasiswa karyawan. Bisa dibilang, surat keterangan pekerjaan adalah salah satu berkas yang harus kamu lampirkan ketika kamu ingin melamar mahasiswa atau pekerjaan.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan bisa disusun dalam bahasa apapun. Jika kamu bekerja di perusahaan lokal, kamu bisa membuat atau melampirkan Contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa menyusun surat keterangan pekerjaan dalam bahasa Inggris. Tentunya apabila kamu akan melamar ke perusahaan internasional atau untuk keperluan beasiswa ke luar negeri.

Surat keterangan pekerjaan adalah berkas yang sangat penting karena surat ini menunjukkan bahwa kamu memang pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini juga berisikan tentang informasi yang menerangkan bahwa kamu memiliki skill yang dibutuhkan.

Kamu bisa menyusun surat keterangan pekerjaan dengan tips yang sudah kami jelaskan di atas. Kamu juga bisa melihat contoh dari surat keterangan pekerjaan berdasarkan contoh yang ada di artikel ini.

Selain untuk keperluan melamar kerja dan juga mendapatkan beasiswa, surat keterangan pekerjaan juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Fungsi-fungsi tersebut seperti untuk mencairkan BPJS dan juga sebagai syarat untuk mengajukan KPR. Berikut adalah penjelasan terkait fungsi-fungsi tersebut.

1. Untuk Mengajukan Beasiswa

Meskipun sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan tetap. Namun banyak sekali orang yang masih ingin menempuh berhentikan lebih tinggi daripada kepentingan sebelumnya.

Beberapa sarjana yang sudah menyelesaikan studi S1, ingin untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2. Untuk mendaftar sebagai mahasiswa magister, surat keterangan pekerjaan juga diperlukan sebagai salah satu berkas yang harus diserahkan saat proses seleksi administrasi.

Apalagi jika kamu ingin mengajukan beasiswa untuk studi S2mu. Beberapa lembaga memberikan beasiswa kepada karyawan yang ingin menempuh studi lebih lanjut untuk mendukung pekerjaannya. Namun salah satu syarat yang diperlukan ialah berkas yang bisa memastikan bahwa karyawan tersebut memang benar-benar sedang bekerja.

Di sinilah Contoh surat keterangan kerja berfungsi. Surat keterangan ini akan memastikan pihak lembaga bahwa kamu memang benar-benar sedang bekerja di perusahaan tersebut. Ini akan menjadi poin tambahan bagi kamu.

Memang tidak semua perguruan tinggi mewajibkan calon mahasiswanya untuk bisa memberikan Contoh surat keterangan kerja. Namun sebagian besar memang sarjana magister yang ingin mengajukan beasiswa untuk menunjang karir pekerjaan diharuskan untuk melampirkan surat keterangan.

2. Berkas Pelengkap Curriculum Vitae

Berkas lamaran pekerjaan kamu akan semakin menonjol jika kamu mencantumkan Contoh surat keterangan kerja. Dengan surat keterangan inilah kamu akan mendapatkan poin lebih dari HRD karena kamu adalah kandidat yang berpengalaman.

Jika kamu tidak memberikan Contoh surat keterangan kerja, HRD tidak akan mengetahui apakah kamu benar-benar belum pernah bekerja di perusahaan yang kamu lampirkan di CV. Dengan surat keterangan yang sudah disahkan oleh HRD sebelumnya, kamu bisa meyakinkan calon HRD di perusahaan baru bahwa aku memang layak untuk mendapatkan posisi tersebut.

Beberapa HRD akan melakukan verifikasi ke perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Namun sebagian HRD juga tidak melakukan ini karena surat keterangan kerja yang sudah di stempel dianggap sudah valid.

Struktur Dalam Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

Berikut ini adalah struktur yang harus kamu perhatikan dalam menyusun surat keterangan ini.

1. Kop Surat

Kop surat merupakan elemen paling penting dalam pembuatan surat resmi. Dalam menyusun kop surat, kamu harus mencantumkan nama perusahaan atau instansi di mana kamu sedang atau pernah bekerja sebelumnya. Di dalam kop surat harusnya tercantum alamat dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika ada, kop surat juga bisa melampirkan situa resmi dan juga logo perusahaan.

2. Perihal Surat

Selain kop surat, kamu juga harus melampirkan perihal surat atau tujuan dibuatnya surat tersebut. Karena surat yang sedang kamu buat bertujuan sebagai rekomendasi atau keterangan, maka kamu bisa menuliskan bahwa perihal surat tersebut adalah Contoh surat keterangan kerja. Meletakkan perihal biasanya ada di sebelah kiri.

3. Identitas Karyawan Atau Ex-Karyawan

Setelah salam pembuka, Contoh surat keterangan kerja dilanjutkan dengan menulis identitas karyawan yang bersangkutan. Identitas harusnya berisi nama, posisi, divisi, dari karyawan tersebut. Agar bisa membuat identitas ini menjadi lebih meyakinkan, kamu juga bisa melampirkan NIK saat kamu bekerja. Penulisan identitas karyawan haruslah diteliti untuk menghindari kesalahan yang ada di dalamnya.

4. Isi Dan Keterangan Surat

Setelah menuliskan identitas karyawan, selanjutnya harus di tujuan dan juga keterangan dari surat tersebut. Keterangan ini bisa dituliskan bahwa karyawan tersebut benar-benar pernah bekerja di perusahaan yang disebutkan. Jika perlu, isi dari keterangan tersebut juga harus menginfokan jabatan terakhir dan juga bagaimana performa kinerja si karyawan.

5. Pengesahan

Yang terakhir merupakan poin yang paling penting yaitu pengesahan Contoh surat keterangan kerja. Pada bagian akhir surat keterangan ini haruslah diberi tanda tangan HRD sebelumnya. Sebab tanpa tanda tangan tersebut maka surat keterangan akan tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Jika perlu, tanda tangan HRD juga harus dibubuhi dengan cap stempel dari perusahaan atau lembaga yang bersangkutan. Cap stempel ini bertujuan agar surat keterangan ini menjadi lebih valid.

Surat keterangan kerja adalah berkas yang perlu dilampirkan pada saat-saat penting. Seperti melamar pekerjaan, mengajukan beasiswa, atau mengajukan kredit. Surat ini harus disusun dengan sah dan dibubuhi tanda tangan atau stempel perusahaan agar surat ini lebih bisa dipercaya.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow