Wiki

Wiki

Portal Islam

May 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Mengenal Mind Mapping dan Contohnya

Contoh Mind Mapping yang bisa kamu tirukan jika ada tugas atau apapun yang membutuhkan Mind Mapping. Kamu bisa lihat berbagai macam Contoh Mind Mapping melalui artikel ini.

Sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan sangat banyak ide saat ingin membuat sebuah mind mapping. Untuk itu, sangat penting mencari berbagai ide melalui artikel yang kami berikan saat ini.

Bagi kamu yang penasaran ingin melihat berbagai macam Contoh Mind Mapping yang kami sediakan. Bisa terus simak informasinya hanya khusus di artikel ini, dengan begitu kamu bisa mendapat ide.

Mengenal Apa Itu Mind Mapping

Sebelum kami memberikan contoh mind mapping, kamu dapat menyimak terlebih dahulu penjelasan yang akan diberikan. Berikut di bawah ini penjelasan mengenai apa itu mind mapping.

Bentuk istilah mind mapping dapat dilihat dan dimaknai dari dua kata tersebut yaitu “mind” dan “mapping”. Kedua kata tersebut jika diartikan berupa pemikiran dan pemetaan.

Oleh karena itu, secara sederhana dapat diartikan sebagai pemetaan pikiran adalah mengembangkan proses berpikir seseorang. Sehingga dari yang sebelumnya satu arah menjadi beberapa arah.

Tidak hanya itu, Mind Mapping juga didefinisikan sebagai sebuah cara efektif serta efisien agar dapat mengekspresikan beberapa informasi. Oleh karena itu, Mind Mapping diperlukan untuk banyak orang.

Mind Mapping biasanya dihadirkan dan dikaitkan dengan kreasi dan seni dalam menuliskannya. Hal tersebut diperlukan agar seseorang lebih mudah memahami sebuah konsep yang terdapat di mind map.

Mind Mapping ini cocok untuk seseorang yang memiliki cara belajar yang bentuknya visual. Untuk mereka, Mind Mapping ini menjadi cara belajar yang efektif untuk digunakan.

Biasanya, di dalam Mind Mapping ini berisi poin penting pada penulisannya seperti tema utama serta cabangnya. Tema utama tersebut berupa judul dari konsep yang akan dibahas.

Sedangkan cabang-cabangnya berisi tentang sub-bab apa saja yang akan dipajang. Tidak hanya itu, hiasan serta kreasi yang kreatif perlu dituangkan agar Mind Mapping mudah dipahami.

Namun, kamu perlu memperhatikan juga agar hiasan serta kreasi tersebut tidak menyulitkan kamu dan memakan banyak waktu. Sehingga Mind Mapping yang dibuat menjadi sangat menarik dan mudah dibaca.

Oleh karena itu, dalam menyusun Mind Mapping memang diperlukan kepekaan dalam seni. Dikarenakan keunikan yang dibuat melalui gambar, warna, penulisan dan lain-lainnya memiliki potensi yang baik.

Sehingga, nantinya kamu akan menghasilkan Mind Mapping kreatif dengan penuh seni di dalamnya. Namun, bisa juga membuat Mind Mapping yang sederhana dan simple dengan sisi kreatifnya sendiri.

Jenis-Jenis Mind Mapping

Sebelum kamu mengetahui berbagai macam fungsi dan manfaat dari mind mapping, kamu harus mengetahui satu hal. Bahwa mind mapping sendiri memiliki sebuah jenis yang berbeda untuk dibuat.

Jangan sampai kamu tidak mengetahui bahwa mind mapping memiliki jenis yang berbeda. Dikarenakan setiap jenis yang ada memang merupakan sebuah tipe yang berbeda-beda sehingga perlu kamu ketahui.

Kami akan jelaskan terlebih dahulu bahwa Mind mapping memiliki 3 jenis yang berbeda dengan isi yang berbeda. Dengan ketiga jenis ini kamu bisa bebas memilih salah satu diantara ketiganya dengan baik.

Kamu bisa memilih jenis mind mapping yang mana yang paling kamu sukai diantara ketiganya tersebut. Dari ketiga ini, kamu juga sangat dipastikan bahwa pengetahuan mengenai mind mapping menjadi beda.

Untuk itu, langsung saja kamu pahami lebih dalam dan lebih jauh mengenai ketiga jenis mind mapping tersebut. Dimana kamu bisa membaca ketiganya dan langsung memilih salah satu diantaranya.

1. Model Paragraf

Jenis mind mapping pertama yang harus kamu ketahui adalah mind mapping paragraf, yang sangat jarang diketahui. Mind mapping jenis ini lebih mengambil sebuah kesempatan yang sangat luas.

Maksudnya adalah kamu bisa menggunakan mind mapping paragraf jika kamu memang merangkum satu buku. Dimana di dalam satu buku itu memiliki lebih dari 1 bab, sehingga akan lebih mudah lagi.

Mind Mapping jenis paragraf ini dapat diartikan bahwa kamu menyeleksi setiap bab yang ada di dalam buku. Dari seleksi tersebut kamu buat kembali ringkasan dan langsung kamu buat mind mappingnya.

Tidak perlu terlalu kamu pikirkan, cara membuat mind mapping paragraf sendiri sangatlah mudah dan praktis. Sehingga kamu tidak perlu lagi kesulitan dalam membuat mind mapping yang seperti ini.

Dalam membuat mind mapping, pastinya juga akan membantu kamu memahami setiap bab yang ada. Jadi sangat cocok juga untuk dijadikan sebuah patokan di dalam pembelajaran sehari-hari.

Terutama bagi kamu yang suka dengan belajar dengan merangkum, maka mind mapping paragraf adalah solusinya. Kamu tidak perlu membuat mind mapping yang begitu ribet, buatlah yang lebih sederhana.

2. Jenis Model Bab

Berbeda dengan jenis mind mapping paragraf, kamu juga harus mengetahui jenis mind mapping bab ini. Dimana sedikit hampir sama dengan yang jenis paragraf akan tetapi masih memiliki perbedaan.

Di dalam mind mapping bab ini kamu juga meringkas dengan sedemikian rupa dari setiap bab yang ada. Akan tetapi, perbedaannya adalah kamu membuatnya menjadi sebuah point kecil dari setiap bab.

Sehingga bisa kamu pahami, bahwa jika jenis paragraf akan terdengar sedikit panjang isiannya. Sedangkan, jenis mind mapping bab ini hanyalah berisikan point dari setiap bab yang dipelajari.

Maka, kamu juga bisa memahami secara singkat dan lebih mudah juga menjadi sebuah patokan pembelajaran. Sehingga kamu juga bisa memahami, bahwa jenis ini lebih praktis untuk dibuat.

Jenis mind mapping ini sangat cocok untuk kamu yang sangat sulit mengingat setiap isi bab yang ada di dalam buku. Sehingga dengan mind mapping bab ini, akan menolong kamu mengingat semua detailnya.

3. Mengenal Model Silabus

Jenis Mind Mapping tidak hanya Bab dan Paragraf saja, tetapi ada juga Mind Mapping dengan jenis silabus. Penasaran apa itu Mind Mapping Silabus? Simak penjelasan berikut ini.

Mind Mapping Silabus merupakan jenis Mind Mapping yang mendukung untuk menerima suatu gambaran. Gambaran tersebut berhubungan dengan apa yang dikerjakan oleh pembuatnya.

Biasanya, Mind Mapping dengan jenis silabus ini dikerjakan dengan ukuran besar dan ditempel di dinding. Tidak hanya itu, Mind Mapping Silabus juga disebut dengan pemetaan makro.

Mind Mapping Silabus ini dapat digunakan untuk membantu memberikan gambaran mengenai apa yang telah dipelajari. Untuk kamu yang tertarik, silakan kamu mencoba Mind Mapping Silabus ya.

Fungsi dan manfaat Mind Mapping

Sebelum melanjutkan informasi mengenai Contoh Mind Mapping yang bisa menarik perhatian kamu. Kamu bisa simak terlebih dahulu setiap fungsi dan manfaat yang didapatkan dari Mind Mapping ini.

Mengetahui Contoh Mind Mapping merupakan hal yang penting, begitu juga dalam memahami fungsi dan manfaat. Kamu sebentar lagi akan melihat berbagai informasi mengenai Contoh Mind Mapping disini.

Akan tetapi, kamu perhatikan terlebih dahulu fungsi dan manfaat sebelum bertemu informasi Contoh Mind Mapping. Langsung saja kamu simak beberapa fungsi dan manfaat yang bisa diketahui.

  1. Membuat daya ingat menjadi lebih kuat akan pembelajaran yang dipelajari
  2. Memperkuat pemahaman atas apa yang sedang ingin dipelajari
  3. Dapat dijadikan sebuah gambaran pada pembelajaran di dalam sebuah buku
  4. Belajar menjadi lebih menyenangkan dengan Mind Mapping
  5. Mengerti konsep dari setiap point yang dibuat di dalam mind mapping

Dari fungsi dan manfaat yang sudah dijabarkan di atas ini, dapat kamu pahami bahwa sangat berguna. Dimana mind mapping akan cocok untuk digunakan di dalam sebuah pembelajaran.

Contoh Mind Mapping Yang Bagus dan Unik

Sesuai dengan judulnya yaitu Mind Mapping yang bagus dan unik, maka Mind Mapping ini memiliki karakteristik yang unik. Karakteristik unik ini dapat dilihat dari segala sisi ya.

Mulai dari konsep yang disampaikan, gambar yang ditambahkan, atau lainnya seperti warna, ilustrasi pendukung serta gaya penulisan. Biasanya, Mind Mapping unik dan bagus ini berbeda dengan yang lain. Berikut Contoh Mind Mapping yang bagus dan unik di bawah ini.

1. Mengenal Contoh Mind Mapping Sederhana

Langsung saja masuk ke dalam sebuah Contoh Mind Mapping yang berbentuk sederhana yang bisa kamu ikuti. Disini kami telah memberikan sebuah gambaran mengenai Contoh Mind Mapping sederhana.

Dimana di dalamnya kamu bisa membuat sebuah judul besar yang menjadi inti dari semua pembahasan ini. Lalu kamu bisa membuat cabang seperti pohon di samping judul besar yang sudah ditaruh tersebut.

Saat mengerti Contoh Mind Mapping yang bersifat sederhana ini, kamu hanya memerlukan 1 kata saja. Setiap cabang tidak membutuhkan banyak kata bahkan kamu tidak harus membuat kalimat.

Dikarenakan dari judulnya saja adalah Contoh Mind Mapping yang bersifat sederhana. Sehingga kamu tidak perlu membuat mind mappingnya menjadi sebuah mind mapping yang begitu panjang.

2. Mengetahui Contoh Mind Mapping Kompleks

Selain Mind Mapping yang bagus dan unik atau Mind Mapping sederhana. Mind Mapping juga dapat kamu buat secara kompleks sesuai keinginan.

Kamu dapat menentukan judul yang akan kamu jadikan Mind Mapping kompleks. Tidak lupa juga dengan sub bab lainnya yang akan kamu jadikan sebagai Mind Mapping.

Untuk membuat Mind Mapping kompleks, biasanya akan terdapat beberapa seni yang kompleks atau rumit. Namun, rumit disini bukan berarti Mind Mapping yang dibuat tidak dapat dipahami.

Mind Mapping kompleks ini meskipun rumit namun isinya tetap bisa dipahami.

Sekian berbagai informasi yang bisa kami bagikan kepada kamu para pembaca setia mengenai Contoh Mind Mapping. Informasi menarik lainnya dengan judul yang berbeda juga bisa kamu baca di artikel ini.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here