Wiki

Wiki

Portal Islam

May 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

6 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam

6 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam

Seringkali timbul perasaan khawatir tentang arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut Islam. Apakah itu sebuah isyarat bahwa si pemimpi akan “dijemput” dari kehidupan dunia ini? Belum tentu. Di dalam Islam suatu pengertian mimpi jangan menjadi ketakutan tetapi sebaliknya harus direnungkan menurut ilmu agama.

Mengenai arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut Islam banyak ulama kerap mengalaminya. Yaitu saat dimana ulama bertemu dengan orang-orang saleh. Selain itu, Rasulullah Saw memberikan suatu tuntunan kepada umat mengenai mimpi. Sebab, apabila mengalami mimpi yang disukai hendaknya mengucapkan Alhamdulillah atau memuji Allah SWT. Sesungguhnya mimpi baik berasal dari Allah SWT.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Teman Meninggal Ini, Apakah Isyarat Baik atau Buruk?

Tentu ini suatu hal bahwa mimpi kematian bukanlah pertanda sebentar lagi ikut meninggal di kehidupan nyata. Sehingga tak perlu merasa takut apabila bermimpi melihat yang sudah wafat seperti anggota keluarga maupun teman dekat.

Begini Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam

Apabila semalam tadi kamu bermimpi buruk dianjurkan untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari gangguan setan. Pada situasi inilah arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut Islam terbagi mimpi baik dan mimpi buruk.
Semisal tanda-tanda mimpi baik pertanda kebahagiaan ialah bertemu orang-orang saleh dalam gambaran yang damai dan suci. Sedangan bertemu orang sudah meninggal yang tampak sebagai mimpi buruk dapat mengarah pertanda kurang baik. Berikut 6 arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut Islam.

1. Pesan Keluarga

Almarhum mengirim pesan pada anggota keluarga yang masih hidup untuk mengirimi doa supaya diberikan damai di akhirat. Sehingga sesudah kamu bermimpi tentang beliau segera doakan almarhum yang telah dimimpikan.

2. Pertolongan

Suatu arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dapat berarti akan menerima pertolongan sehingga masalah dapat diselesaikan. Ini artinya dalam keadaan diri yang tertekan oleh masalah sosok orang yang disayangi tadi seakan hadir memberikan semangat baru.

3. Kerinduan

Pemaknaan mimpi juga gambaran tentang kerinduan pada sosok orangtua yang telah meninggal. Perasaan rindu tersebut meski tak disadari akan memicu kita bermimpi. Di sisi lain perasaan cemas pun bisa jadi mempengaruhinya.

4. Peringatan

Selanjutnya mengenai arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut Islam ialah pertanda bahwa kamu diingatkan agar berhati-hati. Bisa jadi mimpi tersebut pertanda jika keimanan dirimu sedang menurun dan banyak hal buruk yang dilakukan.

Baca Juga: Apa Ya 8 Arti Mimpi Ketemu Orang yang Sudah Meninggal?

5. Tersenyum

Jika melihat orang yang telah meninggal tersenyum dalam mimpi maka itulah pertanda baik. Sangat mungkin roh orang tersebut kini sudah berada di sisi Allah SWT dan berbahagia. Selain itu merupakan pertanda tentang berkah rezeki yang akan kamu terima. Berkat segala amal baik yang sudah dilakukan kepada sesama.

Di sisi lain, saat melihat ruh seseorang tersenyum dalam mimpi, bisa jadi itulah pertanda jika dia masih mengingat sanak keluarganya. Beliau ingin selalu diingat sebagai orang yang baik dan sesekali diziarahi kuburnya sembari dipanjatkan doa-doa kebaikan.

6. Ilham dari Malaikat

Menurut Ustad Abdul Somad mimpi adalah sebuah ilham dari malaikat. Menurut beliau arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut Islam bakal menghadirkan kebaikan bagi orang yang mengalaminya. Terutama jika bermimpi orangtua yang telah tiada maka sebaiknya segera bersedekah makanan dan minuman.

Lebih lanjut menurut Ustad Abdul Somad, jika mengutip kitab Tafsir Ahlam karya seorang Imam Ibnu Sirin, terdapat dua makna yang hampir serupa. Pertama, orang yang sedang bermimpi itu mengkhawatirkan sesuatu hal perkara tertentu, dan Allah akan melepaskannya dari hal-hal menakutkan. Kedua, kemungkinan Ia selamat dari suatu masalah yang akan ia hadapi, seperti kerugian atau sebuah perkara besar.

Petunjuk Islam Mengenai Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Di dalam Islam sebuah mimpi merupakan pijakan karena betul-betul berasal dari petunjuk Allah. Nabi Muhammad pun menjadikan dasar pensyariatan adzan berdasarkan mimpi Abdullah bin Zaid dan Umar Bin Khattab.

Inilah salah satu contoh arti mimpi yang berasal dari petunjuk Allah SWT. Sehingga, mimpi paling benar adalah saat waktu sahur dimana waktu turunnya (isyarat) ketuhanan. Serta sangat dekat rahmat dan ampunan, dan juga saat-saat diamnya setan. Kebalikan yaitu mimpi sewaktu petang atau waktu malam tiba.

Baca Juga: Baik atau Buruk dari 7 Arti Mimpi Orang yang Sudah Meninggal Ini?

Mengenai keluarga, jikalau kamu bermimpi bertemu saudara lelaki yang sudah meninggal, maka mimpi itu dapat menjadi petunjuk. Yaitu kamu akan diberi ketabahan dalam menghadapi sesuatu masalah. Sedangkan jika tampak saudara perempuan yang datang kea lam mimpi, maka diartikan bahwa kebahagiaan segera datang.

Itulah berbagai petunjuk dari arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal menurut Islam. Semoga dapat menjadi petunjuk bagi Anda untuk lebih bertaqwa pada Allah SWT.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here